Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menerima aspirasi secara langsung dari pedagang pinang di Jalan Komplek Perkantoran Provinsi Papua Barat, di Manokwari, Papua Barat, Kamis.

Menurut Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wapres (BPMI Setwapres) Rusmin Nuryadin di Manokwari, Kamis, percakapan antara Wapres dan pedagang pinang tersebut berlangsung di tengah perjalanan Wapres usai memimpin rapat koordinasi di Kantor Gubernur Papua Barat.

"Tadi Bapak Wapres dalam perjalanan dari rapat menuju penginapan berhenti sejenak untuk berbincang dengan ‘mama-mama’ pedagang pinang," kata Rusmin dalam sambungan telepon kepada ANTARA, Kamis.

Baca juga: Wapres sebut penyelesaian dua RPP Otsus Papua hampir final

Setelah mendengarkan permintaan dari sejumlah pedagang tersebut, Wapres kemudian pamit sembari memberikan sedikit bantuan uang kepada mereka.

"Iya, tadi Bapak (Wapres) juga memberikan bantuan kepada ‘mama-mama’ di sana, sebagai bentuk perhatian Bapak kepada masyarakat di Papua Barat," tambah Rusmin yang ikut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ke Papua Barat.

Sementara itu, dalam rekaman video yang dibagikan BPMI Setwapres, pedagang pinang bernama Mama Popi menyampaikan aspirasinya agar “mama-mama” dapat memiliki pondok yang layak untuk berjualan.

"Sekiranya Bapa (Wapres) ada kebijakan dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten untuk membangun pondok-pondok jualan. tidak (perlu) yang elite, tidak permanen; yang kami minta yang penting kami bisa duduk selayaknya kami mama-mama berjualan," kata Mama Popi yang menjual pinang dan alpukat mentega.

Baca juga: Wapres berharap manfaat percepatan pembangunan dinikmati OAP

Wapres menanggapi permintaan pedagang tersebut dengan menganggukkan kepala dan memberi motivasi agar masyarakat dapat berjualan sehingga meningkatkan perekonomian setempat.

Wapres Ma’ruf Amin melakukan rangkaian kunjungan kerja ke Maluku, Papua Barat, Papua, dan Nusa Tenggara Timur mulai Rabu (13/10) hingga Sabtu (16/10).

Baca juga: Wapres bahas kemiskinan dan pemberdayaan ekonomi di Manokwari

Rencananya, Wapres akan melakukan dialog bersama tokoh organsisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat dan Gereja Kristen Indonesia (GKI) Paulus Sowi.

Selanjutnya, Jumat (15/10), Wapres akan menuju ke Papua untuk menutup Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan memimpin rapat koordinasi di Kantor Gubernur Papua.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021