Kemarin, Peta mangrove nasional hingga bunga bangkai mekar

Kemarin, Peta mangrove nasional hingga bunga bangkai mekar

Menko Marves dan Menteri LHK Siti Nurbaya saat peluncuran Peta Mangrove Nasional di Jakarta, Rabu (13/10/2021). ANTARA/Prisca Triferna

Jakarta (ANTARA) - Berikut adalah sejumlah berita humaniora Rabu(13/10) yang menarik perhatian pembaca dan layak untuk dibaca pagi ini, di antaranya peluncuran Peta Mangrove Nasional 2021, bunga bangkai yang mekar sempurna di Kebun Raya Cibodas, Jawa Barat, pelantikan Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), serta mewaspadai siklus 100 tahunan tsunami pesisir Jawa dan ancaman kekeringan ekstrem di Nusa Tenggara Timur.

Peluncuran Peta Mangrove Nasional diharapkan percepat rehabilitasi

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan dengan peluncuran Peta Mangrove Nasional 2021 maka proses rehabilitasi dan konservasi mangrove akan semakin dipercepat untuk mencapai target pemerintah.

"Setelah launching ini, semua rehabilitasi, konservasi, pemeliharaan serta pengawasan harus dipercepat agar target rehabilitasi 600 ribu sampai 620 ribu hingga tahun 2024 yang sering disampaikan Presiden di event internasional dapat terwujud," katanya dalam peluncuran Peta Mangrove Nasional 2021 di Taman Wisata Alam Angke Kapuk di Jakarta, Rabu.

Bunga bangkai mekar lagi di Kebun Raya Cibodas

Satu bunga bangkai, yang dalam bahasa Latin disebut Amorphophallus titanium (Becc.) Becc., mekar sempurna lagi di Kebun Raya Cibodas, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), yang berada di Desa Cimacan, Cianjur, Jawa Barat.

"Salah satu koleksi bunga bangkai mekar sempurna. Ini adalah momen langka di mana bunga bangkai hanya dapat mekar setiap dua hingga tiga tahun, bahkan lebih," kata General Manager PT Mitra Natura Raya Marga Anggrianto, dalam keterangan yang diterima ANTARA di Jakarta, Rabu.

BMKG ajak masyarakat waspadai siklus 100 tahunan tsunami pesisir Jawa

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengajak seluruh masyarakat yang tinggal ataupun beraktivitas di pesisir untuk mewaspadai potensi gempa besar yang berdampak tsunami mengacu siklus 100 tahunan di wilayah selatan Jawa.

"Di wilayah pesisir Jawa Timur ini, ada potensi gempa besar magnitudo 8,7 yang bisa berdampak tsunami. Dan ini merupakan siklus 100 tahunan yang harus kita waspadai," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Malang Ma'muri saat menyampaikan survei lokasi dan evakuasi di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu.

Lima daerah di NTT diminta BMKG waspada kekeringan ekstrem

Stasiun Klimatologi Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar mewaspadai ancaman bencana kekeringan ekstrem yang tersebar pada lima daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kelima daerah tersebut adalah Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Rote Ndao, dan Sabu Raijua," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji di Kupang, Rabu.

BPOM dampingi 15 penelitian obat herbal untuk tambahan terapi COVID-19

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mendampingi 15 penelitian obat herbal yang dapat digunakan untuk tambahan terapi COVID-19 dalam mendukung upaya penanganan COVID-19 di Tanah Air.

"BPOM saat ini juga tengah mendampingi 15 penelitian obat herbal atau obat berbahan alam sebagai tambahan atau adjuvan dari terapi COVID-19, dengan progres yang beragam tentunya dari setiap penelitian ini," kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito dalam Webinar Series Peluang Pengembangan Obat Bahan Alam menuju Obat Herbal Terstandar dan Fitofarmaka Inovatif di Jakarta, Rabu.

Kepala BRIN berharap Dewan Pengarah perkuat riset dan inovasi

Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko berharap kehadiran Dewan Pengarah BRIN dengan anggotanya yang memiliki latar belakang beragam, memperkuat riset dan inovasi di Tanah Air.

"Atas nama Keluarga Besar BRIN, kami menyambut hangat kehadiran Dewan Pengarah," kata Kepala BRIN Handoko dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
Pewarta : Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021