... tidak ada tempat yang aman untuk tindak kejahatan narkoba, baik pemakai maupun pengedar...
Medan (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Dedi I Batubara, mengapresiasi langkah yang dilakukan Universitas Sumatera Utara (USU) mengambil kebijakan untuk membongkar peredaran narkoba di lingkungan kampus PTN itu.

"Peredaran narkoba di kampus agar dibasmi karena narkoba merusak generasi muda.Narkoba apapun jenisnya sangat merugikan dan agar diperangi dan pihak USU berani mengambil langkah taktis untuk menyelamatkan mahasiswa," ujar Batubara, di Medan, Rabu.

Baca juga: Wakil Rektor I USU membenarkan peredaran gelap narkotika di kampus

Ia juga mengapresiasi Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Utara yang menjadi mitra dalam memberantas narkoba di Kampus USU.

"Narkoba itu adalah kejahatan luar biasa, efeknya sangat merusak dan hal ini perlu perhatian serta kolaborasi semua pihak," ujar dia yang juga ketua DPP Masyarakat Penggiat Anti Narkoba.

Baca juga: Polisi tangkap tujuh pengedar ganja jaringan kampus

Ia mengatakan, upaya yang diambil USU dengan menggandeng BNNP menumpas peredaran narkoba di kampus untuk memberikan efek jera.Sekaligus juga mengubah paradigma bahwa kampus merupakan tempat yang aman untuk melakukan transaksi narkoba.

Dengan tindakan tegas dari rektorat USU, bahwa kampus bukan lagi tempat yang aman bertransaksi narkoba.

Baca juga: Pencegahan narkoba di kampus perlu upaya bersama, kata wakil rektor

"Sekaligus menegaskan bahwa tidak ada tempat yang aman untuk tindak kejahatan narkoba, baik pemakai maupun pengedar," katanya.

Sebelumnya Rektor USU, Dr Muryanto Amin, mengatakan, USU berkoordinasi dengan BNNP Sumut karena aktivitas penyalahgunaan narkoba sudah sangat meresahkan."Tidak hanya berhenti pada penindakan oleh BNNP Sumut, USU akan membentuk Satgas dan Mahasiswa Anti Narkoba sebagai bentuk pencegahan," katanya.

Baca juga: Perguruan tinggi jangan kalah dengan narkoba

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021