Jakarta (ANTARA) - Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan The 4th ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) mendorong implementasi kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di ASEAN.

"Suatu kehormatan bagi saya untuk berdiri di sini hari ini dan memimpin Pertemuan ACW ke-20. Saya ingin menegaskan kembali pentingnya komitmen kami untuk melaksanakan mandat ACW untuk mengarusutamakan gender di tiga Pilar Komunitas ASEAN dan melibatkan Badan Sektoral ASEAN untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan semua perempuan dan anak perempuan," ujar Deputi Bidang Kesetaraan Gender Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Lenny N. Rosalin melalui siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Kemen PPPA dalam hal ini Deputi Bidang Kesetaraan Gender, Lenny N Rosalin sebagai ACW Focal Point Indonesia menerima handover Chairpersonship untuk periode 2021-2022 dari ACW Kamboja.

Hal itu dilakukan saat pelaksanaan Sidang 20th ASEAN Commmitte on Women (ACW).

Sebagai ACW Chair, Lenny akan bertugas memimpin seluruh Sidang ACW dan memastikan pelaksanaan ACW Work Plan 2021-2025 berjalan dengan baik. Lenny juga akan mewakili ACW dalam berbagai acara cross sectoral dan cross pilar di ASEAN.

Baca juga: Jadi tuan rumah 4th AMMW Indonesia komitmen wujudkan kesetaraan gender
Baca juga: Menlu Retno: Perkuat jejaring kerja antara perempuan di ASEAN


Dalam kesempatan itu, Lenny mengucapkan terima kasih atas kesepakatan seluruh negara peserta dalam menyelesaikan implementasi Rencana Kerja ACW tahun 2016-2020.

Pihaknya juga meminta para focal point ACW untuk bersama-sama mengimplementasikan Rencana Kerja ACW 2021-2025 berikutnya.

"Saya menantikan implementasi Tahap 1 Rencana Kerja ACW 2021-2025, khususnya penyampaian masukan ACW tentang Sistem Monitoring dan Evaluasi," tambah Lenny.

Lenny berharap pada Pertemuan ACW ke-21 berikutnya yang akan diselenggarakan di Laos pada 2022, seluruh negara peserta dapat kembali berkumpul bersama membahas implementasi Rencana Kerja ACW selanjutnya.

Baca juga: Kanada soroti isu gender dalam dukung UMKM ASEAN di tengah pandemi
Baca juga: Utusan Malaysia: pernikahan anak berakar pada diskriminasi gender
Baca juga: 10 Negara ASEAN Nyatakan Komitmen terhadap Penerapan Gender

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021