Koridor Coworking Space di Surabaya tambah ruang startup

Koridor Coworking Space di Surabaya tambah ruang startup

Aktivitas di Koridor Coworking Space di Gedung Siola Kota Surabaya sebelum pandemi COVID-19. ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya/am.

Surabaya (ANTARA) - Koridor Coworking Space atau tempat berkumpul para calon atau pelaku startup di Gedung Siola lantai 3 Jalan Tunjungan, Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur, terus menambah ruang startup yang siap diinkubasi.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya Febriadhitya Prajatara di Surabaya, Jumat, mengatakan, melalui program Surabaya Startup Heroes, ada tiga startup baru yang bergabung.

"Selanjutnya, Koridor membantu para startup untuk mencapai target, atau dengan kata lain mengoptimalisasi pertumbuhan startupnya," katanya.

Baca juga: Ikhtiar mengukuhkan fondasi "startup" di Tanah Air

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menambahkan, Pemkot Surabaya menyadari potensi besar dalam industri startup di Kota Pahlawan.

Untuk itu, kata dia, Pemkot Surabaya melaunching Koridor Co-Working Space pada 10 November 2017 agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan para pelaku startup secara gratis. Koridor adalah wujud komitmen Pemkot Surabaya untuk mendukung industri startup.

Pada September 2021, lanjut dia, Pemkot Surabaya memperkuat komitmen tersebut melalui penandatanganan Nota Kesepakatan Sinergi (NKS) dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika terkait Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital.

"Dengan demikian, diharapkan pengembangan startup di Surabaya dapat dilakukan secara lebih komprehensif," kata Eri.

Baca juga: Hyundai tantang startup berkompetisi buat proyek EV

Wali Kota Eri menambahkan bahwa dalam mewujudkan ekosistem startup yang baik, pemkot tidak bisa bekerja sendiri, melainkan butuh kolaborasi lintas sektor.

Untuk itu, kata dia, pemkot secara intensif melibatkan berbagai kalangan seperti universitas, sektor swasta dan juga komunitas dalam upaya pengembangan startup.

Eri sendiri mendukung pengembangan ekosistem startup seperti melalui workshop daring yang telah digelar Japan International Co-operation Agency (JICA) bekerja sama dengan Pemkot Surabaya dan Fukoha, Jepang pada 6-7 Oktober 2021.

Ia berharap hasil dari workshop daring itu, para peserta dapat saling belajar dan saling bertukar pikiran terkait bagaimana mengembangkan ekosistem startup. 
 
Pewarta : Abdul Hakim
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021