Sedang dicari, mereka kena dimana
Jakarta (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) COVID-19 Papua saat ini sedang menelusuri penyebab para atlet dan ofisial bisa terpapar virus corona pada saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam sebuah diskusi daring di Jakarta, Rabu, mengatakan, hal itu dilakukan guna menghindari terjadinya klaster COVID-19 di tengah gelaran olahraga terbesar di Tanah Air itu.

“Sedang dicari, mereka kena dimana. Jangan-jangan ada yang datang ke sini sudah kena. Itu masih ditelusuri. Jangan sampai kasus tersebut menjadi klaster besar di PON Papua,” kata Menpora Zainudin. 

Dia mengungkapkan bahwa sejumlah atlet, pelatih dan ofisial di PON Papua yang terpapar COVID-19 kemungkinan besar daya tahan tubuhnya sedang menurun usai berlaga.

“Kemungkinan setelah bertanding, daya tahan tubuh menurun, kemudian (Covid-19) muncul," ujarnya.

Baca juga: Menpora pastikan PON Papua tak ada gangguan

Menpora meyakinkan kepada semua pihak bahwa kondisi para atlet maupun ofisial tersebut sudah tertangani dengan baik tanpa mengganggu semua pertandingan di PON Papua yang mengakibatkan pembatalan.

Para atlet yang positif corona, lanjut Menpora, kebanyakan tanpa gejala dan sudah diisolasi di rumah sakit yang bekerjasama dengan Panitia Besar (PB) PON.

Menurutnya, para atlet dan ofisial yang terpapar juga tertolong dengan vaksin sebelumnya sehingga ketika terkonfirmasi mereka tak memiliki gejala yang berarti.

“Mereka juga belum bisa pulang karena harus isolasi selama 14 hari, meski sudah bertanding,” katanya.

Menpora berharap kepada masyarakat yang hendak menyaksikan laga di arena PON Papua, untuk menjalani vaksinasi terlebih dulu.

Baca juga: Menpora bantah ada praktik "sepak bola gajah" di PON Papua

Dengan demikian dapat menambah daya tahan tubuh ketika terjadi serbuan virus corona.

Berdasarkan keterangan dari juru bicara Satuan Tugas pencegahan dan penanganan COVID-19 Papua Silwanus Sumule ada 29 orang yang terpapar, terdiri atas atlet, ofisial dan panitia pelaksana.

Penyebaran 29 orang yang positif itu yakni, 13 orang di Timika, tujuh orang di Kabupaten Jayapura, enam orang di Kota Jayapura, dan tiga orang di Merauke.

Menpora Zainudin Amali pun akan memanggil panitia pengawas dan pengarah bersama PB PON untuk membahas masalah tersebut.

Baca juga: Temuan kasus COVID-19 dan protap penanganan di PON Papua

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021