KBRI Pretoria peringati HUT ke-76 TNI

KBRI Pretoria peringati HUT ke-76 TNI

Pelaksanaan peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di KBRI Pretoria, Afrika Selatan pada Selasa (5/10/2021). ANTARA/HO-KBRI Pretoria.

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Pretoria memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-76 tentara nasional Indonesia (TNI) bersama masyarakat dan diaspora Indonesia di Afrika Selatan.

Pelaksanaan peringatan HUT TNI ke-76 pada 5 Oktober 2021 di KBRI Pretoria, Afrika Selatan berlangsung dengan meriah, demikian disampaikan KBRI Pretoria dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Kegiatan peringatan itu dihadiri keluarga besar KBRI Pretoria, staf kantor Atase Pertahanan RI Pretoria, Pusat Perdagangan dan Promosi Indonesia (ITPC) Johannesburg, para pelajar Indonesia, WNI serta diaspora Indonesia yang berada di Pretoria, Johannesburg dan sekitarnya.

Senada dengan tema nasional, rangkaian peringatan HUT TNI yang dilaksanakan pada 2 dan 5 Oktober 2021 mengambil tema "Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang".

Baca juga: KBRI Afsel Tangani Penahanan 19 Pelaut Indonesia

Peringatan HUT TNI di KBRI Pretoria juga disemarakkan dengan gelaran berbagai lomba dan olahraga, antara lain tenis meja, futsal, lomba memasak untuk pria.

Duta Besar RI untuk Afrika Selatan merangkap Republik Bostwana, Kerajaan Lesotho dan Kerajaan Eswatini, Salman Al Farisi dalam sambutannya pada puncak pelaksanaan HUT TNI menegaskan pentingnya sinergi antarkomponen bangsa, terutama di kantor-kantor perwakilan RI di luar negeri.

Dubes Salman mengatakan bahwa sinergi yang telah dijalin selama ini antara KBRI dengan Atase Pertahanan RI di Pretoria adalah suatu hal positif yang perlu terus dilakukan untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Sinergi adalah kunci yang membuka pintu keberhasilan pelaksanaan diplomasi Indonesia terlebih khusus berbagai pendekatan yang dilakukan untuk menjembatani kerja sama antara lain MILKOR (perusahaan manufaktur senjata asal Afrika Selatan) dan PINDAD dalam industri persenjataan," ujarnya.

Dubes Salman lebih lanjut menyampaikan bahwa kerja sama militer antara Indonesia dan Afrika Selatan dan negara-negara lain di benua Afrika dapat lebih diintensifkan dengan mengelola potensi kerja sama yang ada, dan tidak terbatas pada industri persenjataan.

Senada dengan Dubes Salman, Atase Pertahanan RI di Pretoria, Kolonel Laut Rolly Stephanus Rore menegaskan bahwa dalam pelaksanaan diplomasi diperlukan kerja sama erat yang berlandaskan sinergi yang baik antara kantor Atase Pertahanan RI dan KBRI Pretoria.

"Pendekatan yang kami lakukan dalam tugas dapat terlaksana dengan baik berkat kerja sama yang ditunjukkan oleh KBRI melalui seluruh fungsinya dengan para mitra kami, baik di Afrika Selatan maupun di negara akreditasi lainnya," kata Rolly.

Terkait tema HUT TNI tahun ini, Kolonel Rolly mengatakan bahwa jika dahulu para pahlawan berjuang dengan mengangkat senjata, saat ini perjuangan perlu terus dilakukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki bangsa dan negara, termasuk perwakilan RI di luar negeri melalui upaya-upaya diplomasi.

"Optimalkan semua sumber daya manusia yang kita miliki untuk meneruskan perjuangan bangsa," ujarnya.

Baca juga: Indonesia-Afrika Selatan dirikan perusahaan kemitraan tekstil
Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021