Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Amerika Serikat (AS) membantu Indonesia mencetak lebih banyak calon wirausahawan dari kalangan generasi muda.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel, dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis, mengatakan, pihaknya telah menjalin kemitraan dengan beberapa pemangku kepentingan di Indonesia untuk menggelar program kewirausahaan yakni ITB Entrepreneurship Challenge 2011.

"Kami ingin mendukung kesuksesan Indonesia semampu kami, terutama untuk kaum mudanya," kata Marciel.

ITB Entrepreneurship Challenge 2011 merupakan kompetisi perencanaan bisnis hasil kerja sama Kedutaan Besar AS, Yayasan Asgar Muda, dan Institut Teknologi Bandung.

Pada 2011, kompetisi tersebut telah memasuki tahun keenam.

Marciel mengatakan, kompetisi tersebut akan ditayangkan oleh stasiun televisi Metro TV dalam sebuah reality show sepanjang 8 episode yang akan berlangsung Januari-Mei 2011.

Program itu akan terangkai salah satunya dengan pendirian "Kamp Kewirausahaan" yang merupakan program mentoring kewirausahaan oleh pengusaha-pengusaha terkemuka di Indonesia dengan para finalisnya akan beradu di grand final.

"Pemerintah AS juga memiliki beberapa prakarsa lain untuk menumbuhkan wirausaha di Indonesia," katanya.

Ia mencontohkan, AS bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan sektor swasta untuk mengembangkan The Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) yang mencakup misi dagang kewirausahaan pada 2011.

USAID juga bermitra dengan Microsoft meluncurkan kompetisi opensource software-iMulai 3.0-untuk menggalakkan wirausaha yang memanfaatkan IT.(*)

(T.H016/B012)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011