Beijing (ANTARA) - Hari berdirinya Republik Rakyat China yang juga dikenal sebagai Hari Nasional diperingati di seantero wilayah China daratan, Hong Kong, dan Makau, Jumat.

Di Lapangan Tiananmen, Beijing, ribuan orang dari berbagai daerah di China menyaksikan upacara pengibaran bendera oleh personel Tentara Pembebasan Rakyat (PLA).

Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Keqiang, dan petinggi Partai Komunis China (CPC) pada Kamis (30/9) malam menggelar resepsi Hari Nasional di Beijing setelah pada siang harinya melangsungkan upacara peletakan karangan bunga di monumen Lapangan Tiananmen untuk memperingati Hari Martir.

Oleh karena bertepatan dengan Jumat, beberapa masjid juga memperingati Hari Nasional dengan upacara pengibaran bendera nasional, seperti yang terlihat di Masjid Dongsi dan Masjid Nanxiapo, keduanya di Beijing.

Baca juga: Presiden China, petinggi Partai Komunis peringati Hari Martir

Di Hong Kong, peringatan Hari Nasional dipusatkan di Golden Bauhinia Square --juga dengan upacara pengibaran nasional China.

"Hong Kong sudah berada di jalur yang benar, 'Satu Negara, Dua Sistem' yang dilindungi oleh Undang-Undang Keamanan Nasional Hong Kong dan Sistem Pemilu yang lebih baik," kata Kepala Eksekutif Wilayah Administrasi Khusus Hong Kong (HKSAR) Carrie Lam.

Hari Nasional yang ke-72 itu juga diperingati di Makau dengan melibatkan pasukan keamanan dan pegawai setempat.

"Ibu pertiwi sangat mendukung kemakmuran dan stabilitas Makau serta mendorong pembangunan di Makau," kata Kepala Eksekutif Wilayah Admninistrasi Khusus Makau Ho Lat Seng.

Sementara itu, bandara dan stasiun dipenuhi para pemudik yang hendak mengisi libur Hari Nasional hingga Kamis (7/10) mendatang.  

Baca juga: Ctrip perkirakan 600 juta perjalanan wisata liburan Hari Nasional

Baca juga: Hong Kong peringati hari jadi dengan pemberlakuan UU keamanan nasional


 

Warga Hong Kong terbangkan paralayang untuk rayakan Hari Nasional China

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2021