Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengapresiasi peluncuran layanan kereta baru oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) bernama Airlangga 
dengan tujuan Pasar Senen-Pasar Turi Surabaya.

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi menjelaskan, pengoperasian KA Airlangga tersebut merupakan rangkaian HUT ke-76 KAI yang dirayakan pada 28 September 2021.

"Ini merupakan percepatan dan inovasi yang dilakukan oleh PT KAI. Dengan adanya Kereta Airlangga, masyarakat diharapkan dapat terlayani dengan baik," kata Irwandi pada Peluncuran KA Airlangga di Stasiun Pasar Senen Jakarta, Jumat.

Irwandi menilai, PT KAI terus melakukan peningkatan layanan operasional agar masyarakat sebagai pengguna dapat lebih aman dan nyaman dalam menggunakan transportasi kereta.

Baca juga: Penumpang melandai, Stasiun Senen kurangi jumlah keberangkatan KA
Baca juga: Mulai Minggu, KAI ubah relasi KA Bangunkarta jadi Jombang-Pasar Senen


Menurut dia, PT KAI telah melakukan banyak perubahan dan revitalisasi di Stasiun Senen yang kini menjadi jauh lebih nyaman dan hampir setara dengan Stasiun Gambir.

"Kita lihat semua tampilannya sudah bagus dan kita berharap tidak ada lagi stasiun kereta yang kumuh dan banyak kriminalisasi. Di sini sudah baik, KAI melakukan inovasi dan perombakan layanan kereta api," kata Irwandi.

Adapun KA Airlangga dioperasikan berdasarkan penugasan Kementerian Perhubungan kepada KAI melalui surat dengan nomor KA.005/1/25/K2/DJKA/2021 pada 28 September 2021 perihal Pengoperasian KA Airlangga Sebagai KA Kewajiban Pelayanan Publik (Public Service Obligation/PSO).

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Danto Restyawan mengatakan, hadirnya KA Airlangga ini merupakan suatu bentuk kehadiran pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan dalam memberikan layanan kepada semua masyarakat yang murah, andal, aman, dan nyaman.

"Dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta api PSO, hari ini telah dioperasikan KA Airlangga yang melayani Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi. KA Airlangga hadir untuk menjadi alternatif kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan," ujar Danto.
 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021