UNRI raih juara III Kontes Robot Indonesia 2021 wilayah I

UNRI raih juara III Kontes Robot Indonesia 2021 wilayah I

Tim Robotik Universitas Riau (UNRI) meraih juara III Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat wilayah I tahun 2021 Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda). ANTARA/HO-Humas UNRI.

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Tim Robotik Universitas Riau (UNRI) meraih juara III Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat wilayah I tahun 2021 Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda) yang dilaksanakan secara daring pada Sabtu (25/9) 2021.

"Kompetisi ini diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi yang berada di wilayah I," kata dosen pembina Tim Robotik UNRI Feri Candra, ST, MT. PhD, di Pekanbaru, Selasa.

Ia menjelaskan UNRI pada KRI tingkat wilayah I ini mengikutsertakan dua divisi, yakni Divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) dan Divisi KRSBI-Beroda yang termasuk di regional 1, yakni Provinsi Aceh hingga Provinsi Jawa Tengah.

Pada KRI wilayah ini, katanya, UNRI mengikutsertakan sebanyak dua tim, yaitu Tim Robotik pada Divisi KRSRI yang dinamai EROCLU dan diketuai oleh Tinto Pratama dari Program Studi (Prodi) Teknik Informatika bersama anggotanya yakni Ficky Galang (Teknik Informatika), Ivan Farian (Teknik Informatika) dan Rezky Setiawan (Teknik Elektro).

Untuk divisi KRSBI-Beroda dengan tim bernama BERTUAH-X21 diketuai oleh Abdul Sidik Aulia Saputra dari Prodi Teknik Elektro bersama anggota yakni Mochammad Farkhan (Teknik Informatika), Ibrahim Ahmad Rambe (Teknik Mesin) dan Danindra Rio Saputra (Teknik Mesin)," jelas dosen Teknik Informatika UNRI itu.

Melalui Divisi KRSBI-Beroda Tim BERTUAH-X21 inilah, katanya, UNRI berhasil meraih juara III dari sebanyak 23 peserta pada regional 1.

Selanjutnya tim ini akan melanjutkan pertandingan ke tingkat nasional pada 12-17 Oktober 2021 melawan tim dari regional 2 yakni provinsi dari Indonesia bagian timur.

Selanjutnya pada tingkat nasional nanti, juara 3 besar dari regional 1 dan 2 akan diadu kembali untuk mendapatkan juara terbaik di Indonesia.

"Juara yang telah diraih UNRI tentunya merupakan persembahan istimewa dari tim dan segenap sivitas akademika Fakultas Teknik bagi Milad ke-59 UNRI tahun 2021," katanya.

Tim Robotik UNRI merupakan satu-satunya perwakilan dari Provinsi Riau pada ajang Tahunan Robotik di Indonesia. Tim Robotik UNRI ini diharapkan dapat menampilkan performa terbaiknya di kancah nasional untuk mengharumkan nama Provinsi Riau, katanya.

Sementara itu  pada KRI tahun 2021 Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara KRI tingkat wilayah sekaligus nasional.

Pada tahun ini KRI mempertandingkan sebanyak enam divisi yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM) Suharyadi, seperti dikutip dari laman UGM, Minggu (26/9) menjelaskan KRI wilayah I dilaksanakan selama dua hari pada 24-25 September 2021 secara daring oleh tim peserta, dan selanjutnya melaksanakan penilaian secara luring (luar jaringan) terpusat di Gedung Graha Sabha Pramana (GSP) UGM.

Ketua Tim Juri KRI 2021, Prof Benyamin Kusumoputro menyatakan setelah dilakukan lomba dan evaluasi, tim juri merekomendasikan tim yang dinyatakan sebagai pemenang Kontes Robot Indonesia (KRI) wilayah I tahun 2021 dalam enam divisi, satu di antaranya adalah Tim dari UNRI.

KRI wilayah I diikuti 58 tim dari 140 perguruan tinggi dengan rincian 19 tim KRAI, 44 tim KRSRI, 24 tim KRTMI, 18 tim KRSTI, 25 tim KRSBI-Beroda, dan 9 tim KRSBI-Humanoid. Pada KRI Usai pelaksaaan KRI wilayah I selesai dilaksanakan, selanjutnya akan dilaksanakan KRI wilayah II mulai 26 hingga 28 September 2021.

“Pemenang dari KRI wilayah I dan wilayah II akan kembali bersaing memperebutkan gelar juara pada KRI Nasional yang akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Oktober mendatang,” demikian Suharyadi.

Baca juga: Indonesia borong medali dari kompetisi inovasi Shanghai

Baca juga: Mahasiswa UNRI masuk pasar pakai baju adat ajak vaksinasi COVID-19

Baca juga: Universitas Islam Riau raih pendanaan nasional PKM Kemenristekdikti

Baca juga: Unilak Pekanbaru dan universitas Malaysia teliti minyak sawit
Pewarta : Frislidia
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021