targetnya Jakarta menjadi kota yang ramah hewan
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan wilayahnya menjadi kota ramah terhadap hewan guna memaknai Hari Rabies Sedunia setiap 28 September.

"Jakarta sudah 17 tahun dideklarasikan sebagai kota bebas rabies tapi targetnya Jakarta menjadi kota yang ramah hewan," kata Anies pada puncak peringatan Hari Rabies Sedunia di Ancol, Jakarta, Selasa.

Untuk mendukung target tersebut, Anies menekankan tiga hal yakni vaksinasi, sterilisasi dan adopsi.

Hingga 27 September 2021, Pemprov DKI Jakarta sudah melakukan vaksinasi sebanyak 36.700 hewan di antaranya anjing dan kucing.

Jumlah tersebut sudah 110 persen dari target vaksinasi rabies bagi hewan di DKI Jakarta.

Baca juga: Anies beri makan kucing liar di Ancol peringati Hari Rabies

Adapun kucing dan anjing termasuk hewan yang berpotensi menularkan rabies (HPR) dengan jumlah populasi yang banyak di masyarakat.

Selain kucing dan anjing, hewan yang berpotensi menularkan penyakit rabies adalah monyet.

Vaksinasi itu diadakan bersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia bersama klinik hewan dan komunitas penyayang hewan serta daerah penyangga Jakarta.

Dari 110 persen hewan yang divaksin rabies itu, 10 persen di antaranya dilakukan oleh di daerah penyangga Jakarta yakni di Depok, Cibinong, Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Selain itu, DKI juga melakukan sterilisasi kucing tak berpemilik atau kucing liar dan kucing berpemilik sebanyak 4.300 ekor atau 155 persen dari target.

Baca juga: Masyarakat diajak aktif mencegah penyakit rabies dengan vaksinasi

Sterilisasi dilakukan sebagai bagian pengendalian populasi kucing.

Program bulan adopsi hewan sebanyak 30 ekor kepada pecinta satwa sehingga perawatan dan keberlangsungan hidup hewan itu bisa terjaga dan dapat terhindar dari penularan rabies.

Pada puncak peringatan Hari Rabies Sedunia itu, Pemprov DKI juga mengadakan vaksinasi rabies serentak di lima wilayah yang diakomodasi Suku Dinas KPKP dengan layanan tanpa turun atau "drive thru".

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta rutin melakukan vaksinasi salah satunya dengan mendatangi permukiman warga di tingkat RW untuk vaksinasi rabies.

Masyarakat dapat memantau kegiatan vaksinasi rabies bagi hewan peliharaan melalui akun Instagram Dinas KPKP DKI yakni @dkpkp.jakarta.

Baca juga: Dinas KPKP DKI gelar vaksinasi rabies gratis

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021