Padang, (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah resmi melepas kontingen Sumbar menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 di Istana Gubernur Sumbar di Kota Padang pada Senin malam.

"Kita mendorong atlet mengeluarkan kemampuan terbaiknya untuk menghasilkan prestasi terbaik di sana," kata dia saat melepas kontingen Sumbar di istana Gubernur Sumbar di Padang, Senin.

Dirinya berharap kontingen Sumbar mampu meraih posisi 10 besar di ajang PON Papua Papua nanti.

"Kita minta atlet bertekad kuat menghasilkan prestasi. Atlet dari provinsi lain makanannya sama dengan kita, sama berlatih dan sama bertanding. Maka kita bisa sejajar dengan mereka dan juara," kata dia.

Ia bersyukur Sumbar mampu memberangkatkan lebih dari 300 orang yang terdiri dari atlet, pelatih dan ofisial di PON 2021

PON Papua memang berbeda dengan sebelumnya karena ada empat klaster sehingga ada atlet yang berangkat duluan sebelum acara pembukaan.

"Malam ini resmi kita lepas atlet berjuang di medan laga. Mereka akan membawa nama Sumbar dan menghasilkan prestasi," kata dia.

Sementara Ketua KONI Sumbar Agus Suardi mengatakan tidak ada atlet yang tidak dilepas dengan baik, semua berangkat sesuai jadwal yang dibuat PB PON.

"Tidak ada atlet yang dilapeh ayam. Hari ini resmi dilepas gubernur," kata dia.

Pada PON Papua ini kontingen Sumbar terdiri dari 188 atlet, 58 pelatih, 11 ofisial yang bertanding di empat klaster di Papua.

Saat ini beberapa kontingen sudah berada di Papua seperti cabang olahraga dayung, taekwondo, muaythai, gantole, panjat tebing, paralayang, senam dan panahan.

"Kita mengucapkan terima kasih Pemprov Sumbar dan pihak lainnya yang banyak memberikan dukungan agar patriot olahraga Sumbar mendulang banyak prestasi di PON Papua," kata dia.

Baca juga: Dispora bantah kontingen Sumbar ditelantarkan
Baca juga: Bupati Pasaman beri motivasi untuk atlet yang akan tampil di PON Papua
Baca juga: Panjat Tebing Sumbar bidik satu emas di PON Papua


Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2021