Pemenuhan 'nutrisi' bagi para anggota secara berkesinambungan ialah kemestian.
Bandung (ANTARA) - DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Barat (Jabar) menggelar "Pendidikan Politik dan Peningkatan Kapasitas Pembina Unit Pembinaan Anggota" dalam rangka meningkatkan kapasitas pembina unit pembinaan anggota atau kader, di Kota Bandung pada 25-26 September 2021.

"Sebagai partai berbasis kader, pemenuhan 'nutrisi' bagi para anggota secara berkesinambungan ialah kemestian sebagai bekal mereka menghadapi kompleksitas kondisi masyarakat, menyikapi berbagai problematika, bahkan menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat," kata Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu, di Kota Bandung, Sabtu.

Haru menyampaikan pembina merupakan unsur utama terlaksananya proses tersebut.

Untuk itu, kata dia, PKS Jabar menyediakan fasilitas pelatihan bagi para pembina di berbagai jenjang keanggotaan, karena itu acara ini menjadi sangat penting dilaksanakan.

"Walaupun kondisi pandemi, pelaksanaan proses 'supply nutrisi' yang bergizi bagi para anggota harus tetap tersampaikan," ujar Haru.

"Apalagi, perlu keterampilan khusus karena kita menghadapi kondisi yang baru, tentu kita perlu keterampilan yang berbeda," kata Haru pula.

Haru mengakui, pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota selama masa pendemi bukan tanpa kendala, termasuk kendala efektivitas komunikasi.

Jarak, kendala teknis (jaringan, media, juga pengoperasian perangkat) ialah sebagian faktornya, katanya lagi.

Selain itu, ujar dia pula, komunikasi melalui media merupakan cara baru yang menuntut pembina mengeluarkan upaya lebih keras, apalagi pelaksanaannya harus berkesinambungan.

"Untuk itu, mumpung ada keluangan, selain soal keterampilan, kami mempertemukan sebagian para pembina anggota di momen ini agar tegangannya optimal, kemudian 'kontennya' spesial, bukan hanya soal keterampilan, namun juga menyampaikan kembali urgensi pelaksanaan pembinaan di Unit Pembinaan Anggota, sehingga nilainya terjaga pada hati setiap kader, khususnya para pembina," kata Haru yang juga Wakil Ketua DPRD Jabar itu pula.

Lebih jauh pada momen ini juga, PKS Jabar memberikan "suplemen" berupa pendidikan politik bagi para pembina.

Dengan begitu, para kader dapat menjadi agen yang menyampaikan pentingnya partisipasi politik sebagai warga masyarakat Indonesia.

"Harapannya, ke depan masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam proses berbangsa bernegara secara aktif," katanya.

Acara tersebut dilaksanakan dengan penegakan disiplin protokol kesehatan yang ketat dan dilaksanakan secara "hybrid", sebagian luring dan sebagian besarnya daring.

Acara ini juga mengundang seluruh pembina dan pengurus bidang pembinaan anggota hingga tingkat kecamatan.
Baca juga: Partai wajib memberikan pendidikan politik
Baca juga: PKS Jakarta Luncurkan Program Pendidikan Politik Rakyat

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021