"Jabar Future Leaders Scholarship" 2021 libatkan PTN luar Jabar

"Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS)" sebuah program beasiswa bagi warga yang akan dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) yang digagas Pemprov Jabar sejak tahun 2019, pada tahun ini melibatkan PT di luar wilayah Jabar. (ANTARA/HO-Humas Disdik Jabar)

Bandung (ANTARA) - "Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS)" sebuah program beasiswa bagi warga yang akan dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi negeri (PTN) yang digagas Pemprov Jabar sejak tahun 2019, pada tahun ini melibatkan PT di luar wilayah Jabar.

"Untuk tahun 2021 ini, Jabar Future Leaders Scholarship pertama kalinya bekerja sama dengan PTN di luar Jawa Barat seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, serta Institut Teknologi Sepuluh November," kata Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi saat penyerahan beasiswa JFLS dan penyerahan sertifikat Calon Kepala Sekolah, di Bandung, Jumat.

Dedi menuturkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat terus berupaya mengentaskan permasalahan yang ada di sektor pendidikan, diantaranya dengan mengejar rata-rata lama sekolah.

Salah satu strategi yang dilakukan, yaitu dengan menghadirkan Program Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS) yang telah diselenggarakan sejak tahun 2019.

Baca juga: Pemprov Jabar siapkan beasiswa S1-S3 sebesar Rp50 miliar

Baca juga: Human Initiative salurkan beasiswa bagi anak yatim akibat COVID-19


Untuk di tahun 2021 ini, program beasiswa ini mengalami kemajuan, baik itu dari jumlah pendaftar maupun dari jumlah perguruan tinggi yang terlibat.

Dia menuturkan jumlah pendaftar JFLS selalu meningkat dalam setiap tahunnya hingga mencapai lebih dari 35 persen dan di mana pada JFLS 2021 disediakan kuota sebesar 1.253 untuk berbagai jenis beasiswa dan 108 perguruan tinggi yang terlibat termasuk yang ada di luar Jabar.

Adapun berbagai bantuan beasiswa yang disediakan, yaitu beasiswa pendidikan S1 penuh, bantuan biaya pendidikan S2 dan S3, beasiswa pendidikan untuk jenjang D3, D4 dan S1 Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), beasiswa prestasi seni dan budaya, prestasi olahraga, prestasi aktivis, dan prestasi keagamaan.

Anggaran untuk kuota sebesar 1.253 tersebut sebesar Rp25 miliar

"Kami berharap teman-teman yang mendapat beasiswa mampu mengamalkan dan memanfaatkan ilmunya membangun desa yang ada di Jabar, karena Jabar Lahir Batin akan hadir apabila seluruh desa dan kelurahan jadi desa dan kelurahan yang juara," ujar Dedi.

Selain itu, keberhasilan program pendampingan tahun sebelumnya juga diteruskan di tahun ini dan hal itu bertujuan agar beasiswa JFLS 2021 ini dapat mencapai tujuan, yaitu untuk membentuk pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan.

"Tidak hanya itu, di tahun 2021 ini juga telah diselenggarakan Program Magang bagi para penerima beasiswa Jabar Future Leader Scholarship tahun 2020 dan 2019, yang mana para peserta magang diberikan pengalaman profesional dalam pengelolaan dan proses penyelenggaraan beasiswa di Dinas Pendidikan Jawa Barat," kata dia.

Untuk ke depan, Dedi mengatakan pihaknya berharap beasiswa ini dapat terus melahirkan calon pemimpin berkualitas dan berintegritas, serta turut hadir mewujudkan Jabar Juara dan mampu memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang ada.*

Baca juga: 45.000 yatim piatu terdampak COVID-19 peroleh beasiswa dan santunan

Baca juga: Lazismu Uhamka salurkan beasiswa bantu mahasiswa saat pandemi

Pewarta : Ajat Sudrajat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021