Jakarta (ANTARA) - Setelah setahun dipasarkan, pelumas dan chemical ECSTAR yang tadinya hanya untuk kendaraan roda empat, kini varian ECSTAR sudah tersedia untuk sepeda motor dan mesin tempel kapal (Outboard Motor atau OBM) Suzuki.

"Saat ini ECSTAR tidak hanya tersedia untuk mobil, tapi konsumen sepeda motor dan mesin tempel kapal Suzuki juga sudah bisa mendapatkannya. ECSTAR kami formulasikan secara khusus untuk mesin Suzuki dan dirancang untuk melindungi dan memberikan The Ultimate Performance," ungkap Sparepart Dept. Head, Christiana Yuwantie dalam keterangan resminya Jumat.

Rangkaian produk pelumas dan chemical ECSTAR untuk sepeda motor dan OBM ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar, menjaga kestabilan suhu mesin dan memberikan performa yang bersih sehingga dapat memperpanjang usia mesin.

Kualitas tinggi pelumas ECSTAR untuk sepeda motor telah dibuktikan lewat keberhasilan pebalap Team Suzuki Ecstar, yaitu Joan Mir yang menjadi Juara Dunia MotoGP pada musim 2020 lalu. Pencapaian tersebut turut memberikan kontribusi berupa kepercayaan konsumen terhadap pelumas ECSTAR di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Dalam hal ini, varian ECSTAR untuk kendaraan roda dua memiliki empat varian yang bisa dipilih oleh konsumen seperti 10W-40 SL MA yang berteknologi full syntethic sehingga memberikan pelumasan luar biasa bahkan dalam kondisi berkendara yang buruk.

Lalu ada 10W-40 SL MA untuk transmisi manual dan berteknologi semi synthetic sehingga mampu memberikan perlindungan lebih untuk mesin dan transmisi berperforma tinggi.

Untuk varian yang ketiga 10W-40 SL MB untuk sepeda motor transmisi otomatis (CVT) dan yang keempat, 20W-50 SG MA dengan teknologi mineral yang memberikan perlindungan mesin secara optimal dengan biaya lebih terjangkau.

Demi menyesuaikan kebutuhan konsumen, setiap kemasan varian ECSTAR tersedia dalam kapasitas beragam. Namun, secara umum harganya berkisar mulai dari Rp38 ribu sampai Rp75 ribu.

Sedangkan pelumas untuk mesin tempel kapal 4-tak tersedia V7000 10W-40 SJ dengan teknologi semi-synthetic dan V5000 10W-40 SJ. Selain itu tersedia varian 2T V2000 untuk mesin tempel kapal 2-tak. Harganya dibanderol mulai dari Rp61.500 sampai Rp300.000.

Baca juga: Beda fungsi pelumas mesin motor dan onboard versi Suzuki ECSTAR

Baca juga: ECSTAR 0W-20 SN berkontribusi tertinggi pada penjualan pelumas Suzuki

Baca juga: Suzuki rilis lima pelumas ECSTAR
Pewarta:
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021