Kemarin, Presiden naik perahu hingga doa bersama tokoh lintas agama

Kemarin, Presiden naik perahu hingga doa bersama tokoh lintas agama

Presiden Jokowi menggunakan perahu saat melakukan Penanaman Pohon Mangrove di Desa Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (23/9/2021). ANTARA FOTO/Setpres-Agus Suparto/foc.

Jakarta (ANTARA) -
Ragam peristiwa politik mewarnai pemberitaan Kamis (23/9), mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyeberangi sungai dengan menumpang perahu di Cilacap, Jawa Tengah, hingga TNI Angkatan Laut menggelar doa bersama tokoh lintas agama untuk memperingati hari jadi ke-76 TNI AL.

Berikut lima berita politik menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Presiden naik perahu seberangi sungai untuk sapa warga di Cilacap

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyempatkan diri menaiki perahu untuk menyeberangi sungai demi menyapa warga yang berada di seberang sungai di Desa Tritih Kulon, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Aksi Presiden Jokowi menaiki perahu tersebut di luar agenda yang telah direncanakan.

Selengkapnya di sini

2. Presiden Jokowi ingin pulihkan Indonesia sebagai bangsa maritim
Presiden RI Joko Widodo menginginkan pemulihan identitas Indonesia sebagai negara maritim bukan sebatas jargon, melainkan melalui kerja nyata.

"Identitas Indonesia sebagai bangsa maritim harus terus-menerus kita pulihkan dan kita kokohkan, bukan melalui jargon-jargon kemaritiman semata, melainkan melalui kerja nyata di berbagai bidang," kata Presiden Jokowi dalam sambutan yang ditayangkan melalui video pada peringatan Hari Maritim Nasional 2021, Kamis.

Selengkapnya di sini

3. Anggota DPR RI: Ada indikasi pejabat pemda di Papua biayai KKB
Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono mengatakan ada indikasi pejabat tinggi pemerintah daerah tingkat I dan tingkat II di Papua ikut membiayai gerakan teroris kelompok kriminal bersenjata (KKB).

"Laporan yang masuk di Komisi, banyak pejabat tinggi Papua di tingkat I dan tingkat II membiayai gerakan teroris dengan memberikan senjata, uang, dan mencari pelatih untuk melatih personel," kata Dave dalam diskusi bertajuk "Jalan Terjal Pemberantasan KKB di Papua", di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

4. Perludem: ODGJ berhak terdaftar sebagai pemilih dalam pemilu
Peneliti Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Maharddika mengatakan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang tidak kehilangan kemampuan untuk memilih berhak terdaftar sebagai pemilih pada pemilu.

“Selama tidak ada keterangan dari medis profesional yang menyatakan bahwa seseorang mengidap gangguan jiwa, ia masih berhak untuk terdaftar sebagai pemilih,” kata Maharddika ketika menyampaikan hasil riset bertajuk “Gangguan terhadap Hak Memilih: Fenomena dan Upaya Penanggulangan” yang disiarkan secara langsung di kanal YouTube Perludem, Kamis.

Selengkapnya di sini

5. TNI AL gelar doa bersama tokoh lintas agama
TNI Angkatan Laut menggelar doa bersama lintas agama di atas KRI Semarang-594 yang berlayar di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan kegiatan doa bersama lintas agama ini merupakan bagian dari rangkaian memperingati Hari Jadi Ke-76 TNI AL.

Selengkapnya di sini
 
Pewarta : Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2021