Jayapura (ANTARA) - Sekitar 300 tenaga kesehatan dari berbagai organisasi profesi, Selasa malam memenuhi kawasan Taman Imbi, Jayapura , Papua guna menggelar aksi bakar lilin terkait tragedi yang menimpa rekan-rekannya di Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Nakes yang hadir di antaranya berasal dari organisasi IDI, Patelki, HAKLI, Persagi, IBI, IAKMI, IAI dan PPNI.

Aksi yang diawali dengan membacakan deklarasi yang berisi empat poin yakni pertama keprihatinan atas terjadinya aksi kekerasan yang menyebabkan kematian dan luka parah dan trauma yang dialami tenaga kesehatan di Kiwirok, Pegunungan Bintang.
   
Kedua menolak setiap tindakan kekerasan terhadap tenaga kesehatan yang dilakukan oleh pihak yang mengatasnamakan apapun, ketiga yaitu meminta jaminan keamanan seluruh tenaga kesehatan yang mengabdi di Provinsi Papua terutama di daerah rawan konflik dan keempat adalah mendorong adanya kebijakan perekrutan penempatan sumber tenaga kesehatan yang berpihak pada masyarakat dan budaya setempat.

Seusai pembacaan deklarasi dilanjutkan pembacaan puisi secara bergantian dan doa serta menyalakan lilin.
 
Para nakes yang hadir nampak mengenakan kemeja putih dan bagian bawah hitam dengan menyematkan pita hitam di lengan baju sebagai tanda berduka.

Beberapa nakes yang hadir berharap tidak ada lagi rekan-rekannya yang menjadi korban oleh pihak manapun.
 
" Kami berharap tidak ada lagi rekan nakes yang menjadi korban penganiayaan hingga mengalami luka bahkan meninggal, " harap suster Siti Soltief.
 
Selain para nakes dari berbagai organisasi profesi juga nampak warga dan anggota TNI.
 
Tercatat lima nakes terluka dan seorang di antaranya yakni Gabriela Meilan meninggal akibat dianiaya KKB yang melakukan aksi pembakaran fasilitas umum di Kiwirok, Senin (13/9).

Jenazah Gabriela Meilan, Selasa (21/9) dievakuasi ke Jayapura.
 
Empat nakes yang masih dirawat di RS Marthen Indey yakni dr. Restu Pamanggi, Katrianti Tandila, Emanuel Abi, dan Kristina Sampe Tonapa.

Baca juga: Helikopter dari Penerbad evakuasi jenazah nakes Gabriela dari Kiwirok
Baca juga: Nakes korban KKB di Kiwirok bantah dr Restu pegang senpi
Baca juga: Empat nakes korban kekerasan KKB jalani perawatan di RS Marthen Indey
 
 
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021