Jakarta (ANTARA) - Komisi X DPR RI menyetujui pagu definitif Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk tahun anggaran 2022 sebesar Rp1,9 triliun.

Persetujuan tersebut disepakati dalam rapat kerja dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terkait penyesuaian Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) berdasarkan hasil pembahasan Badan Anggaran DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Zainudin memaparkan ada beberapa program baru dalam postur RKA-K/L TA 2022 pada aspek kepemudaan, di antaranya mengkoordinasikan data kepemudaan guna memastikan data yang valid di tingkat nasional dan daerah.

“Lalu, memberikan penghargaan kepada individu atau organisasi yang layak untuk mendapatkannya, melakukan kerja sama internasional sebagai dukungan keterlibatan pemuda Indonesia di forum internasional, dalam rangka menangani indikator kinerja outcome,” katanya dalam siaran pers Kemenpora, Selasa.

Baca juga: Menpora: Revisi UU Sistem Keolahragaan Nasional sangat penting

Selain program kepemudaan, postur RKA tahun 2022 juga meliputi pembaruan dalam program keolahragaan. Anggaran tersebut akan difokuskan pada pelaksanaan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menurut Zainudin, hasil dari program keolahragaan ini nantinya secara garis besar diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif berolahraga di kalangan masyarakat, khususnya peserta didik pada satuan pendidikan.

Tak hanya itu, program tersebut juga berharap dapat meningkatkan pencapaian prestasi olahraga dunia yang fokus pada capaian peringkat di Asian Games dan Asian Para Games 2022 di China sebagai persiapan menuju Olimpiade dan Paralimpiade 2024 Prancis.

“Serta, memperkuat tata kelola pembinaan dan pengembangan olahraga nasional yang modern,sistematis, sinergi, akuntabel, berjenjang, dan berkelanjutan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, organisasi olahraga, dunia usaha dan industri, dan masyarakat yang didukung oleh big data analytics olahraga nasional,” kata dia menambahkan.

Anggaran itu juga, lanjut dia, meliputi pogram-program dalam pembinaan dan pengembangan industri olahraga nasional serta optimalisasi penggunaan produk dalam negeri sehingga dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta agar program strategis nasional dan program yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat akan dilaksanakan Kemenpora.

“Pelaksanaan ini diharap dijalankan dengan baik dan memperhatikan saran, pandangan, dan usulan anggota Komisi X DPR RI sesuai pembahasan RAPBN TA 2022 yang telah dilakukan,” kata Syaiful
Huda.

Baca juga: Menpora jamin kesejahteraan atlet setelah pensiun
Baca juga: Kemenpora gandeng Kadin kembangkan industri olahraga nasional
Baca juga: Menpora restui penyelenggaraan kompetisi olahraga dengan syarat


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021