Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menaruh harapan tinggi kepada atlet-atlet muda yang dikirim ke ajang Piala Thomas-Uber agar dapat berkontribusi dalam usaha Indonesia meraih gelar dan kembali membawa pulang kemenangan dari turnamen beregu putra dan putri itu ke Tanah Air.

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rionny Mainaky memaparkan deretan atlet muda tersebut, di antaranya kakak beradik Chico Aura Dwi Wardoyo dan Ester Nurumi Tri Wardoyo, Leo Rolly Carnando, Daniel Marthin, Putri Syaikah hingga Jesita Putri Miantoro.

"Dasar pemilihan selain dari performa di turnamen terakhir, juga kami evaluasi dari latihan-latihan mereka. Secara individu, mereka yang paling siap dan mumpuni. Saya pastikan mereka siap untuk bertarung dan bukan hanya bertarung tapi mereka juga siap menyumbangkan poin untuk tim," jelas Rionny lewat keterangan resminya, Senin.

Rionny beranggapan, atlet muda yang sudah dipilih itu punya tingkat motivasi berjuang yang sangat baik. Selama persiapan juga terlihat mereka menjalani setiap program latihan secara optimal. 

Baca juga: PBSI berikan arahan non-teknis bagi pemain turnamen beregu Eropa 

Ia juga sudah memerintahkan tim pelatih untuk lebih menyiapkan program-program yang ketat, dengan harapan para atlet muda ini bisa mengambil ilmu dan pengalaman sebanyak-banyaknya.

Rionny memahami sebagai peserta debutan, tekanan dan rasa minder akan ada di pundak atlet muda. Oleh karena itu, adik kandung dari Richard Mainaky itu berusaha untuk menguatkan mental anak-anak asuhnya tersebut.

"Supaya mereka tidak minder karena pertama kali ikut di ajang beregu, saya juga sudah meminta mereka dalam beberapa minggu terakhir ini untuk 'sparring' bersama seniornya. Saya juga sering mengingatkan mereka secara pribadi, apa saja tekanan yang ada di dalam tim dan bagaimana mengantisipasinya. Ini untuk memperkuat mental mereka," ujar Rionny.

Piala Thomas-Uber rencananya akan digelar satu minggu setelah Piala Sudirman, di Aarhus, Denmark, pada 9-17 November 2021. Berikut daftar lengkap tim Piala Thomas-Uber Indonesia. 

Baca juga: PBSI cukup puas dengan hasil simulasi turnamen hari pertama 

Tim Thomas
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie
3. Shesar Hiren Rhustavito
4. Chico Aura Dwi Wardoyo
5. Marcus Fernaldi Gideon
6. Kevin Sanjaya Sukamuljo
7. Mohammad Ahsan
8. Hendra Setiawan
9. Fajar Alfian
10. Muhammad Rian Ardianto
11. Leo Rolly Carnando
12. Daniel Marthin

Tim Uber
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani
3. Nandini Putri Arumni
4. Ester Nurumi Tri Wardoyo
5. Greysia Polii
6. Apriyani Rahayu
7. Siti Fadia Silva Ramadhanti
8. Ribka Sugiarto
9. Nita Violina Marwah
10. Putri Syaikah
11. Febby Valencia Dwijayanti Gani
12. Jesita Putri Miantoro 

Baca juga: Hasil undian Thomas dan Uber Cup 2020: Indonesia berada di Grup A 
 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021