Teheran (ANTARA News/Reuters) - Pasukan keamanan Iran menahan tujuh anggota Al Qaida di barat laut negara itu, kata Press TV Iran, Kamis.

Para anggota kelompok garis keras itu ditangkap di kota Sardasht, provinsi Azerbaijan Barat, dekat perbatasan dengan Irak, kata Press TV berbahasa Inggris itu mengutip satu "sumber yang mengetahui".

"Orang-orang ini telah diincar sebulan lalu dan akhirnya ditangkap atas perintah pihak pengadilan," kata Press TV mengutip pernyataan sumber itu.

Berita itu tidak menyebut nama para tahanan itu dan tidak menjelaskan kapan mereka ditangkap.

Laporan itu menambahkan: "Pasukan keamanan juga menemukan sejumlah buku dan dokumen yang ada kaitannya dengan Wahabisme dan sekte-sekte lainnya". Wahabisme adalah kelompok berhaluan keras dari Sunni yang dianut masyarakat di Arab Saudi.

Kendatipun Iran jarang melaporkan penahanan para anggota Al Qaida, pasukan keamanan negara itu di barat negara sering terlibat kontak senjata dengan gerilyawan dari Partai Kehidupan Bebas Kurdistan (PJAK) satu bagian dari Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang mengangkat senjata tahun 1984 untuk mendirikan sebuah negara etnik di Turki tenggara.

SYS/H-RN/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010