Jakarta (ANTARA) - Atlet selancar ombak Indonesia Rio Waida bersiap mengikuti US Open of Surfing yang merupakan perhentian pertama Challenger Series, acara paling ikonik dalam selancar profesional, pada pekan depan di Huntington Beach, California, Amerika Serikat.

Rio Waida telah menganalisis ombak di pantai selatan California itu yang menurut dia memiliki karakteristik ombak kecil.

"Saya akan bekerja keras untuk ombak kecil. Saya tidak suka bertanding di ombak kecil tapi saya akan semangat," kata Rio Waida kepada ANTARA lewat aplikasi pesan instan, Jumat.

Selain itu, air laut yang dingin juga menjadi tantangan yang akan dihadapi Rio Waida saat bertanding nanti. Untuk itu, dia harus membiasakan diri mengenakan wetsuit.

Baca juga: PB PSOI sebut Rio Waida bikin surfing naik pamor

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu mengaku saat ini fokus berlatih selancar dengan diselingi latihan fisik ringan, setelah berlatih fisik secara intensif selama 10 hari dalam dua pekan terakhir.

"Masih latihan fisik, tapi hanya lompat tali, lari dan stretching, seperti itu. Dan, tentu saja makan makanan sehat, enggak kecapekan dan enggak (latihan) berat-berat, karena kompetisi akan segera mulai, jadi sekarang cuma jaga badan saja," kata atlet berusia 21 tahun itu.

Rio Waida, yang mewakili Indonesia pada Olimpiade Tokyo, saat ini belum masuk turnamen utama selancar ombak dunia World Championship Tour, yang digelar oleh World Surfing League (WSL), badan yang mengatur peselancar profesional.

Untuk dapat masuk turnamen yang hanya dapat diikuti oleh 34 atlet selancar ombak teratas dunia itu, Rio Waida harus mengikuti serangkaian event dari turnamen Challenger Series, yang juga diadakan oleh WSL.

Jika Rio berprestasi di Challenger Series dan masuk Top 10 pada akhir turnamen, maka dia berkesempatan lolos ke World Championship Tour dan menjadi top 34 atlet selancar ombak dunia.

Baca juga: Rio Waida kandas di babak 16 besar Corona Open Mexico 2021

Pada US Open of Surfing Huntington Beach, yang merupakan salah satu event dalam turnamen Challenger Series, Rio Waida tidak bertanding sendirian, melainkan bersama rekannya sesama Indonesia peselancar Oney Anwar.

"Saya tidak ada coach untuk event ini, jadi saya akan bekerjasama dengan teman saya saja, dan ya kita akan lihat ombak dan bikin strategi. Dan, semoga tim Indonesia bisa bawa juara," kata Rio.

US Open of Surfing Huntington Beach akan digelar 20-26 September.

Sebelumnya, Rio Waida berkesempatan mencicipi turnamen World Championship Tour pada Corona Open Mexico 2021 bulan lalu sebagai pemain wild card.

Dalam ajang itu Rio Waida berhasil mengalahkan peselancar nomor 3 dunia, Filipe Toledo, dari Brazil pada babak 32 besar. Namun, langkahnya harus terhenti pada babak 16 besar setelah dikalahkan peselancar Australia Jack Robinson yang menjuarai Corona Open Mexico 2021.

Baca juga: Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2021