Medan (ANTARA) - TNI dan Polri ikut membantu percepatan vaksinasi untuk warga Kota Medan, Sumatera Utara, agar angka penyebaran virus COVID-19 dapat turun dan pertumbuhan ekonomi mengalami peningkatan.

Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo mengajak masyarakat untuk tidak takut mengikuti program vaksinasi yang merupakan salah satu cara untuk menekan laju pertumbuhan COVID-19.

"Dalam kesempatan ini saya minta masyarakat untuk berbondong-bondong melakukan kegiatan vaksinasi sehingga wilayah Medan khususnya bisa menurunkan level," kata Kapolri usai meninjau vaksinasi COVID-19 untuk pedagang di Pasar Induk Lau Cih, Medan Tuntungan, Jumat.

Baca juga: Presiden minta gap capaian vaksinasi antardaerah di Sumut diatasi

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 di Medan 80 ribu dosis

Hadir dalam kesempatan itu Wali Kota Medan Bobby Nasution, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Kapolri menyebut jumlah penduduk yang sudah divaksinasi juga dapat menurunkan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di daerah yang masih berada di level IV.

"Vaksinasi harus diperkuat sehingga masyarakat bisa melakukan aktivitas, dan pertumbuhan ekonomi bisa meningkat serta di satu sisi pertumbuhan COVID-19 bisa dikendalikan," harapnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut mobilitas pedagang Pasar Induk cukup tinggi sehingga perlu divaksinasi.

Panglima TNI berharap dengan kegiatan ini target vaksinasi yang ditetapkan dapat direalisasi khususnya untuk wilayah Medan.

Dari 33 kabupaten/kota di Sumut, Hadi Tjahjanto mengatakan ada 23 daerah yang perlu digenjot vaksinasinya.

Ia yakin dengan kinerja baik TNI-Polri, pemerintah daerah Kota Medan, dinkes provinsi, kabupaten/kota juga antusiasme masyarakat termasuk dukungan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh adat pengendalian COVID-19 khususnya vaksinasi bisa tercapai sesuai dengan target yang dicanangkan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan dengan ketersediaan yang ada pihaknya akan terus melakukan percepatan vaksinasi.

"Stok hari ini 80.000, kemarin itu masuk 103.000 dosis. Dalam dua hari ini kita sudah suntikkan 20.000 dosis," katanya.

Vaksinasi terus digenjot sebagai upaya Pemkot Medan keluar dari PPKM level IV. 
  #ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua 
​​​​​​​

Pewarta: Juraidi dan Andika
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2021