Ma'ruf Amin dorong vaksinasi kawasan aglomerasi merata dan cepat

Ma'ruf Amin dorong vaksinasi kawasan aglomerasi merata dan cepat

Wakil Presiden, KH Ma'ruf Amin. ANTARA/Asdep KIP Sekretariat Wakil Presiden

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, mendorong pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah aglomerasi terjadi secara cepat dan merata, sehingga tidak terjadi kesenjangan.

"Sekarang percepatan menuju kepada percepatan di sekitar daerah aglomerasi. Program vaksinasi kita sekarang mengarah kepada daerah-daerah sekitarnya ini, mempercepat," kata dia, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Serang, Banten, Kamis.

Baca juga: Ma'ruf Amin tinjau PTM terbatas dan vaksinasi di Banten

Ia mengatakan, capaian percepatan vaksinasi di kawasan aglomerasi sebagian besar terjadi di wilayah-wilayah pusat, di antaranya Jakarta, Bandung, Solo Raya, Semarang Raya, dan Malang Raya.

"Untuk daerah pusat aglomerasinya itu sebenarnya sudah terpenuhi, sudah tercapai. Jakarta bahkan lebih dari 100 persen, karena tidak hanya penduduk yang ber-KTP Jakarta; yang bekerja dan yang belajar di Jakarta juga divaksin," jelasnya.

Baca juga: Teten: Vaksinasi bagi pelaku UMKM bisa gerakkan ekonomi masyarakat

Sementara untuk daerah-daerah penunjang Ibu Kota DKI Jakarta masih rendah capaian vaksinasinya.

"Tetapi memang daerah-daerah sekitarnya, kalau di Jakarta itu ada Tangerang Raya, Bekasi, Bogor, Depok itu masih rendah," katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada seluruh jajaran pemerintah daerah untuk bekerja keras dalam mempercepat pemberian vaksin Covid-19 kepada masyarakat.

Baca juga: Pemkot Bogor optimistis vaksinasi 1 capai 100 persen akhir September

Dengan percepatan vaksinasi, lanjutnya, maka penetapan level pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dapat menurun.

"Sehingga nanti levelnya bisa diturunkan. Ketentuan kita, dari level tiga ke dua itu harus sudah divaksin 50 persen (masyarakat) dan dari level dua ke satu itu harus sudah divaksin 70 persen," ujar dia.

Baca juga: 1.819 dosis vaksin tak terpakai di Aceh Tenggara

Turut mendampingi dia ialah Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Yudo Margono, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letnan Jenderal TNI Ganip Warsito, Gubernur Banten, Wahidin Halim, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy, Pangdam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kepala Polda Banten Inspektur Jenderal Polisi Rudy Heriyanto.

#ingatpesanibu
#sudahdivaksintetap3M
#vaksinmelindungikitasemua

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021