Garuda Indonesia pindah operasi di terminal selatan Bandara Timika

Garuda Indonesia pindah operasi di terminal selatan Bandara Timika

Pesawat Garuda Indonesia parkir di apron sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika mulai Selasa (14/9/2021). (ANTARA/Evarianus Supar)

Timika (ANTARA) - Maskapai penerbangan Garuda Indonesia resmi pindah operasi di gedung terminal baru sisi selatan Bandara Mozes Kilangin Timika mulai Selasa untuk menunjang pelayanan kontingen PON XX Papua yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

GM Garuda Indonesia Timika I Nyoman Teguh di Timika, mengatakan Pemkab Mimika sudah lama mendorong Garuda Indonesia memindahkan operasinya dari terminal penumpang sisi utara Bandara Mozes Kilangin Timika yang dikelola oleh PT AVCO ke terminal penumpang sisi selatan yang dikelola oleh UPBU (Unit Penyelenggara Bandar Udara) sebagai perpanjangan tangan Direktorat Perhubungan Udara Kemenhub.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan masyarakat Mimika yang telah memberikan dukungan kepada Garuda Indonesia. Semoga ke depan Bandara Timika menjadi bandara hub di Papua. Apalagi sekarang menjelang PON maka menjadi kesempatan yang bagus untuk mempromosikan fasilitas gedung terminal penumpang Bandara Timika yang bagus kepada para kontingen yang datang dari luar Papua," kata Nyoman.

Baca juga: Garuda dan Batik Air tambah frekuensi penerbangan ke Timika

Selain mengoperasikan tempat pelayanan pemeriksaan tiket, boarding dan bagasi para penumpang di sisi selatan Bandara Timika, armada pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya juga mulai parkir apron sisi selatan Bandara Timika. sejak Selasa

Sejak 2001, Garuda Indonesia mengoperasikan seluruh kegiatannya di Bandara Mozes Kilangin Timika sisi utara yang dikelola oleh PT AVCO, sebagai perpanjangan tangan dari PT Freeport Indonesia.

Pada operasional perdananya di sisi selatan Bandara Timika, Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob berkesempatan mengalungkan tas noken kepada tiga penumpang yang baru turun dari pesawat Garuda Indonesia di Timika. Salah satu penumpang tersebut yakni anggota DPR RI Yan Mandenas.

Baca juga: Maskapai Garuda jajaki skema restrukturisasi

Selain ketiga penumpang tersebut, pilot dan copilot pesawat Garuda Indonesia juga mendapat kalungan tas noken dari Wabup Mimika Johannes Rettob.

Mulai Selasa ini Garuda Indonesia akan melayani penerbangan setiap hari ke Bandara Timika, kecuali hari Minggu.

Menghadapi PON XX Papua pada 2 hingga 15 Oktober 2021, Garuda Indonesia akan menambah 10 kali penerbangan tambahan (extra flight) ke Bandara Timika. Selain tetap mengoperasikan rute Jakarta-Makassar-Timika-Jayapura dan sebaliknya, pada hari-hari tertentu Garuda Indonesia juga akan membuka penerbangan langsung rute Jakarta-Timika dan sebaliknya, serta rute Jakarta-Denpasar-Timika-Jayapura dan sebaliknya.
 
Pewarta : Evarianus Supar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021