Persiapan saat ini sudah cukup baik, sekarang yang terpenting jaga kesehatan karena cuaca tidak menentu
Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) mengatakan bahwa program latihan untuk berlaga di Piala Sudirman 2021 sudah mencapai tahap akhir dan tim siap bertanding maksimal, Selasa.

Dalam sesi diskusi virtual yang berlangsung di Jakarta, Selasa, sejumlah atlet yang menjadi bagian dari 20 orang anggota tim Piala Sudirman mengatakan bahwa mereka kini dalam tahap persiapan akhir yang lebih difokuskan pada menjaga kesehatan fisik.

"Persiapan saat ini sudah cukup baik, sekarang yang terpenting jaga kesehatan karena cuaca tidak menentu. Jadi yang paling penting jaga kondisi fisik saja, kalau kesiapan lain sudah bagus," tutur Muhammad Rian Ardianto.

Baca juga: PBSI perketat persiapan tim Piala Sudirman jelang keberangkatan

Pebulu tangkis spesialis ganda putra itu menceritakan, ia dan Fajar Alfian yang menjadi pasangan mainnya langsung menjalani program latihan di Pelatnas Cipayung sepulangnya dari Tokyo.

Fajar/Rian sempat mengikuti kontingen Olimpiade Tokyo untuk menjadi lawan latih bagi ganda putra Minions dan The Daddies yang berlaga di Olimpide.

Program latihan fisik menjadi porsi utama Fajar/Rian dalam fase latihan tim Piala Sudirman.

"Persiapan kemarin setelah pulang dari Olimpiade sudah banyak latihan beban, penguatan tangan. Untuk fisik juga sudah banyak porsi latihannya. Secara keseluruhan sudah siap," Rian mengungkapkan.

Selain Rian, Putri Kusuma Wardani yang bermain di sektor tunggal putri juga menilai persiapan yang dijalani sejauh ini sudah cukup baik.

Baca juga: PBSI kirim 20 atlet dalam skuad Piala Sudirman 2021

Dua minggu menjelang pertandingan, Putri menilai memang masih ada yang harus dibenahi namun kekurangan itu lebih merupakan aspek personal.

"Sudah ada kelebihan maupun kekurangan yang harus diperbaiki. Tapi kalau kekurangan lebih dari diri sendiri saja, untuk teknik dan lainnya sudah oke," ujar atlet yang belum lama ini menjuarai Spain Masters 2021 itu.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky mengakui bahwa tim pelatih semakin memperketat persiapan Piala Sudirman.

"Saya harap mereka bisa lebih siap dan fokus lagi, sejauh ini tidak ada yang cedera dan bisa berlatih normal. Untuk minggu ini mereka bisa menjalani latihan lebih ketat, harapannya bisa bertanding maksimal," kata Rionny.

Baca juga: Denmark jadi hambatan pertama Indonesia di fase grup Piala Sudirman

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021