Semoga hubungan kerja sama antara Indonesia dan Australia semakin erat, khususnya Makassar dengan Gold Coast
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berharap Pemerintah Australia memperkuat hubungan kerja sama dengan Indonesia hingga ke tingkat daerah, seperti halnya Kota Makassar dengan Gold Coast melalui kerja sama kota kembar.

"Semoga hubungan kerja sama antara Indonesia dan Australia semakin erat, khususnya Makassar dengan Gold Coast," ujar Moh Ramdhan Pomanto, di Makassar, Jumat.

Ia mengatakan, bagi Kota Makassar, kerja sama dengan Kota Gold Coast sudah pernah dilakukan melalui program kota kembar atau sister city.

Danny Pomanto mengaku dirinya yang sudah membuat desain dari konsep kota kembar itu, dan bahkan Wali Kota Gold Coast sudah pernah datang ke Makassar untuk melakukan penandatanganan kerja sama tersebut.

"Kami punya beberapa kepentingan hubungan dengan Australia, yakni twinning city atau kota kembar dengan Gold Coast. Dulu saya sudah desain, bahkan salah satu wali kotanya sudah pernah datang ke Makassar, cuma kami yang belum ke sana, jadi kami akan memperkuat usaha usaha ini," kata Danny.

Dia menambahkan, pentingnya kerja sama ini karena warga Sulsel banyak berkunjung ke Gold Coast, baik untuk belajar, berwisata, dan sebagainya. Sebaliknya, warga Australia khususnya Gold Coast juga banyak yang ke Indonesia.

Sementara itu, pidato Menteri Luar Negeri Australia Marise Ann Payne yang disaksikan olehnya secara virtual di kediamannya dalam rangka memperingati hubungan kerja sama antara Indonesia-Australia yang sudah berlangsung selama hampir 60 tahun.

Pidato Menteri luar negeri Australia secara virtual diikuti oleh berbagai kalangan, di antaranya Dino Patti Djalal serta lembaga swadaya masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri.
Baca juga: Terhenti karena COVID-19, SMPN 6 Makassar jadi mitra lagi Australia
Baca juga: Australia-Makassar jajaki kerja sama pererat bilateral

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021