Tiga Bandara AP I terima penghargaan di Asia Pasifik

Tiga Bandara AP I terima penghargaan di Asia Pasifik

Deretan counter check in di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Bandara Sepinggan kembali menjadi bandara terbaik di dunia untuk kelas 5-15 juta penumpang. ANTARA/Novi Abdi.

Jakarta (ANTARA) - Tiga bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) menerima penghargaan bidang kebandarudaraan Airport Service Quality Awards (ASQ Awards) yang diselenggarakan oleh Airport Council International (ACI).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menyampaikan penghargaan yang diterima adalah "Best Airports in Asia Pacific by Size: 2-5 Million Passengers per Year" untuk Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, serta "Best Airports in Asia Pacific by Size: 5-15 Million Passengers per Year" untuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

"Penghargaan ini telah diumumkan oleh Airport Council International (ACI) pada bulan Maret silam, serta hari ini dilakukan penyerahan penghargaan secara virtual. Penghargaan yang kami terima ini merupakan wujud apresiasi dan pengakuan dari komunitas penerbangan internasional, serta menjadi bentuk capaian atas kerja keras semua pihak dalam menjaga keandalan layanan di bandara yang kami kelola," ujar Faik Fahmi dalam keterangannya yang dipantau di Jakarta, Kamis.

Faik Fahmi mengatakan, ASQ Awards merupakan satu-satunya program benchmarking pengukuran tingkat kepuasan penumpang di bandara dunia yang dilakukan oleh ACI, organisasi kebandarudaraan dunia yang berbasis di Montreal, Kanada. Pada penyelenggaraan kali ini, sebanyak 108 penghargaan telah dimenangkan oleh 89 bandara.

"Meskipun berada dalam tekanan pandemi global yang sulit ini, kami senantiasa berupaya untuk tetap memberikan layanan prima kepada seluruh pengguna jasa bandara, serta disesuaikan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten di bandara yang kami kelola. Aspek keselamatan, keamanan, dan kesehatan, dituntut untuk dapat berjalanan beriringan dengan aspek kenyamanan. Meskipun tantangan ini cukup sulit, tetapi kami senantiasa berupaya untuk mewujudkan aspek-aspek ini," ujarnya.

Sebelumnya, 10 bandara Angkasa Pura I telah memperoleh akreditasi Airport Customer Experience Accreditation Program dari ACI. Sertifikasi yang diterima sejak Agustus 2019 ini diraih berkat komitmen perusahaan dalam mendengarkan suara konsumen dan menerjemahkan ke dalam peningkatan layanan.

Faik Fahmi menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah kerja keras Insan Angkasa Pura I.

"Mewakili Manajemen, izinkan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh Insan Angkasa Pura I, atas kerja keras dan pengorbanan selama ini, terlebih di masa pandemi yang sulit ini. Semoga penghargaan ini dapat menjadi sumber penyemangat bagi kita semua untuk dapat selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan," katanya.

Dikutip dari rilis resmi, Direktur Jenderal ACI World Luis Felipe de Oliveira menyatakan pentingnya suara konsumen dalam industri penerbangan.

"Di tengah tahun yang paling menantang dalam sejarah industri kita semua, penghargaan ASQ Awards ini diberikan kepada bandara yang memberikan prioritas untuk mendengarkan dan menanggapi suara konsumen, ini tidak pernah lebih penting lagi," kata Luis Felipe de Oliveira.

Sebagai informasi, penghargaan yang diterima oleh Bandara SAMS Sepinggan dan Bandara Sultan Hasanuddin tersebut bukan merupakan yang pertama kalinya. Sebelumnya, Bandara SAMS Sepinggan berhasil meraih 4 penghargaan pada ajang ASQ Awards 2018, yaitu "Best Airport by Size in Asia Pacific", "Best Environment & Ambience by Size", "Best Customer Service", dan "Best Infrastructure & Facilitation" untuk kategori bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun. Capaian ini berhasil diulangi di ajang yang sama di tahun 2019.

Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin sebelumnya berhasil menyabet 2 penghargaan pada ajang ASQ Awards 2019, yaitu "Best Airport by Size" dan "Best Infrastructure & Facilitation" untuk kategori bandara berkapasitas 5-15 juta penumpang per tahun. Sebelumnya, bandara yang merupakan pintu gerbang udara Sulawesi Selatan ini diganjar predikat "The Most Improved Airport in Asia Pacific 2016".

Baca juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai masuk 10 besar protokol kesehatan terbaik
Baca juga: AP I hadirkan gerai UMKM premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin
Baca juga: AP I resmikan Kawasan Tugu Malioboro di YIA
Pewarta : Adimas Raditya Fahky P
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021