Kami melakukan promosi UMKM kita ke mancanegara di Singapura, London, Tokyo, kemudian Tiongkok dan sebentar lagi kita juga akan lakukan di New York
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia mendukung kesuksesan pelaksanaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Ragam Aceh melalui digitalisasi sistem pembayaran.

“Digitalisasi yang kita lakukan untuk memudahkan UMKM melalui platform-platform digital bersama perbankan, fintech dan e-commerce,” kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat pembukaan kampanye Gernas BBI Aceh secara virtual, Rabu.

Perry menyampaikan digitalisasi menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan UMKM dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional. Karenanya Bank Indonesia menggencarkan penggunaan QR Indonesian Standart (QRIS) agar seluruh transaksi dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat.

“Hari ini sudah 9,3 juta UMKM tersambung dengan platform digital nasional. Kita juga akan menyambungkan layanan dari digitalisasi sistem pembayaran dari perbankan, fintech dan e-commerce melalui melalui SNAP atau standarisasai nasional pelayanan sistem pembayaran,” ujar Perry.

Layanan QRIS tersebut, lanjutnya, akan diperluas hingga negara-negara lain seperti Thailand dan Malaysia.


Baca juga: BI ajak UMKM ikut lomba "review" produk untuk masuk Gernas BBI-BWI
 

Selain digitalisasi sistem pembayaran, upaya lain yang dilakukan Bank Indonesia untuk mendukung Gernas BBI Aceh adalah memberdayakan UMKM dengan melakukan klasterisasi pembangunan UMKM, peningkatan kompetensi teknis, produksi, pemasaran, keuangan serta akses kepada pembiayaan.

Upaya yang ketiga adalah meningkatkan pemasaran UMKM melalui Kantor Pusat Bank Indonesia dan 46 kantor-kantor BI di daerah guna mendukung kesuksesan Gernas BBI.

“Inilah usaha kita bersama bersatu untuk meningkatkan UMKM untuk kita tingkatkan semakin menyejahterakan rakyat dan juga gerakan Bangga Indonesia,” tutur Perry.

Sedangkan upaya keempat yang dilakukan Bank Indonesia adalah mendorong UMKM menuju pasar mancanegara dengan melakukan berbagai kegiatan promosi produk UMKM bersama dengan Kementerian Luar Negeri, KBRI, dan pihak terkait.

Baca juga: Gernas BBI Sulawesi, BI ajak UMKM dan pelaku wisata gunakan QRIS
 

“Kami melakukan promosi UMKM kita ke mancanegara di Singapura, London, Tokyo, kemudian Tiongkok dan sebentar lagi kita juga akan lakukan di New York,” tuturnya.

Gernas BBI Ragam Aceh merupakan rangkaian lanjutan dari program Gernas BBI yang telah dilakukan sejak 2020 lalu untuk meningkatkan potensi UMKM Indonesia. Gernas BBI Ragam Aceh mengangkat tema Istimewanya Aroma Kuliner Aceh #Pasar Laut Indonesia. Melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan, Gernas BBI kali ini memperkenalkan UMKM Unggulan KKP dengan tujuan meningkatkan konsumsi ikan dan produk UMKM sektor kelautan.


Baca juga: BI harap Gernas BBI-BWI Pelangi Sulawesi tingkatkan penggunaan QRIS

Baca juga: BI Papua segera berkolaborasi dengan pemda terkait Gernas BBI


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021