Dan alhamdulillah tidak ada masalah. Kita lagi mau kebut vaksinasi prioritas untuk komorbid
Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan mulai menyuntikkan vaksin jenis moderna bagi penderita komorbid dan lansia dalam upaya peningkatan pencapaian herd immunity atau kekebalan kelompok.

Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dalam keterangannya di Makassar, Sabtu, menyampaikan sebanyak 13 penderita komorbid telah divaksin dengan moderna sejak Kamis (2/9).

“Dan alhamdulillah tidak ada masalah. Kita lagi mau kebut vaksinasi prioritas untuk komorbid," kata Andi Sudirman.

Baca juga: Kasus COVID-19 di Batam menurun 76,36 persen

Ia menjelaskan, pemberian vaksin moderna hanya dilaksanakan di gerai vaksin yang ada di rumah sakit untuk dapat dipantau pelaksanaanya.

Sasaran penderita komorbid ini terutama di daerah aglomerasi Mamminasata dan tinggi penyebaran COVID-19. Pasien yang mendaftar atau dilayani oleh mobile vaccinator dan ditemukan komorbid, akan dilayani lebih lanjut di gerai vaksin Pemprov Sulsel.

Baca juga: RSUD Tangerang mulai vaksinasi warga komorbid dengan vaksin Pfizer

Ia melanjutkan, pemberian vaksin kepada penderita komorbid untuk melindungi dari COVID-19 dan mengantisipasi jika ada gelombang COVID-19, serta meminimalisir korban. "Ini yang saya minta untuk dikebut," imbuhnya.

Sementara, Koordinator Satgas COVID-19 Sulsel, dr Arman Bausat, mengatakan, moderna dapat digunakan untuk semua umur.

Baca juga: Puskesmas Menteng buka pendaftaran Vaksin Moderna bagi pasien komorbid

"Vaksin moderna ini bagus untuk semua umur, mulai dari umur 12 tahun ke atas. Ini juga aman bagi komorbid dan lansia," jelasnya.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021