Apindo: jaga prokes jadi strategi dunia usaha hadapi endemi COVID-19

Apindo: jaga prokes jadi strategi dunia usaha hadapi endemi COVID-19

Johnny Darmawan. ANTARA FOTO/Ismar Patrizki

Jakarta (ANTARA) - Ketua Industri Manufaktur Apindo Johnny Darmawan menyampaikan bahwa menjaga protokol kesehatan di industri menjadi salah satu strategi dunia usaha dalam menyesuaikan sikap pemerintah terkait penanganan COVID-19 sebagai penyakit endemik.

"Saat ini kita sudah mulai menyesuaikan dengan menjaga protokol kesehatan di industri, makanya tidak ditemukan lagi klaster COVID-19 di pabrik. Itu salah satu strategi yang kami lakukan untuk penyesuaian diri," kata Johnny Darmawan ketika dihubungi di Jakarta, Jumat.

Menurut Johnny, adanya format Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI) yang dikeluarkan Kementerian Perindustrian menjadi salah satu kunci agar industri dalam negeri dapat tetap beroperasi dengan menerapkan prokes.
Baca juga: CORE: Langkah pemerintah untuk kendalikan COVID-19 sudah tepat

Johnny menilai, IOMKI sangat efektif menekan penyebaran kasus COVID-19 di pabrik-pabrik manufaktur, bahkan berkontribusi dalam penanganan pandemi.

Mantan Presiden Direktur Toyota tersebut menyadari bahwa pandemi COVID-19 terjadi bukan dalam waktu yang pendek, sehingga kalangan pengusaha perlu segera menyesuaikan diri.

Ia menambahkan, implementasi industri 4.0 di Indonesia juga membuat sektor industri mampu mengadopsi teknologi dalam operasional manufakturnya.

Penggunaan teknologi, masih menurut dia, juga dinilai mampu menjadi alternatif untuk menekan penyebaran COVID-19 di berbagai sektor industri di Tanah Air.

Baca juga: Menko PMK sebut pemerintah siapkan strategi endemi
Baca juga: Bamsoet minta antisipasi pandemi COVID-19 jadi endemi

Baca juga: Pengamat minta pemerintah pulihkan operasional transportasi umum
Baca juga: CELIOS: Perlinsos perlu terus disalurkan meski COVID-19 jadi endemi

Pewarta : Sella Panduarsa Gareta
Editor: M Razi Rahman
COPYRIGHT © ANTARA 2021