Tips membuat makanan kekinian di rumah, croffle hingga corn dog

Tips membuat makanan kekinian di rumah, croffle hingga corn dog

Ilustrasi kopi dalgona (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Tidak terasa pandemi COVID-19 sudah melanda hampir dua tahun dan telah menggeser kebiasaan kuliner di tanah air. Meskipun pemerintah telah melonggarkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan beberapa restoran sudah mulai dibuka untuk dine-in, namun tetap saja sebagian orang malah lebih tertarik untuk membuat makanan sendiri di rumah.

Baca juga: Jangan buang makanan, ini tips menyimpan ayam untuk 4 menu

Selain untuk mengisi waktu luang, memasak makanan sendiri di rumah tentu dianggap lebih sehat dan juga lebih hemat. Maka tak heran, semenjak masa pandemi banyak masyarakat yang semakin gemar menghabiskan waktunya untuk memasak di rumah.

Chef Lucky Andreono, pemenang Master Chef Indonesia Season 1, menjelaskan bahwa tren masak di rumah ini sudah semakin populer sejak awal PSBB dan akan terus berlanjut sampai akhir masa PPKM bahkan sampai pandemi COVID-19 selesai.

Berikut adalah beberapa resep masakan yang populer selama masa pandemi dan tips untuk membuatnya, dikutip dari siaran resmi Lazada, Jumat.

Corn Dog
Camilan ini mulai dikenal masyarakat melalui salah satu drama Korea yang sempat trending “Start Up”. Pada dasarnya, Corn Dog adalah sosis atau keju mozarella yang dilapisi adonan tepung jagung kemudian disajikan dengan stick. Itulah mengapa, jajanan ini juga sering disebut sebagai Hot Dog on a stick. Dengan menggunakan fry pan, makanan yang digoreng akan lebih cepat matang. Anda bisa menghemat waktu tanpa harus membuat orang lain menunggu masakan Anda matang. Kedua, makanan pun matangnya lebih merata.

Selain itu, Anda juga tidak perlu repot membolak-balik makanan untuk mematangkan kedua sisi. Cukup tunggu hingga waktu yang pas, makanan akan matang sempurna di semua sisi. Chef Lucky Andreono menyarankan untuk menggunakan pan anti lengket karena lebih mudah untuk dibersihkan dan tidak menyisakan bekas makanan yang berpotensi membuat masakan menjadi cepat gosong.

Selain itu, pastikan wajan yang digunakan memiliki bahan berkualitas tinggi yang mampu menghantarkan dan menahan panas dengan baik. Terakhir, pastikan ketika menggoreng, temperatur dari minyak sudah sesuai agar makanan yang dihasilkan memiliki tekstur yang lebih garing dan renyah. Chef Lucky juga menganjurkan untuk menggoreng dengan minyak kacang karena memiliki keunggulan mampu mempertahankan suhu tinggi dan tidak menyerap rasa makanan yang digoreng.

Baca juga: Coba resep pempek untuk buang rasa sumpek di rumah

Kopi Dalgona
Apabila Anda aktif di media sosial, pasti sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Minuman kopi yang begitu populer di Korea Selatan ini memiliki warna coklat muda seperti jenis kopi susu pada umumnya, namun yang membedakan adalah teksturnya yang sangat lembut seperti whipped cream, cara membuatnya pun sangat mudah, Anda hanya perlu melarutkan kopi bubuk dan mengaduk kopi secara cepat sampai kopi tersebut mengembang dan menjadi whipped coffee. Akan tetapi, butuh waktu untuk menjadikan kopi tersebut mengembang dengan sempurna. Namun, kini semua orang dapat dengan mudah membuat dalgona coffee karena sudah banyak sekali mixer pembuat dalgona yang dapat mempermudah dan menghemat banyak waktu dan juga tenaga.

Korean BBQ Grill
Masakan khas Korea ini biasanya terdapat di restoran-restoran berkonsep All You Can Eat. Konsep restoran ini adalah makan sepuasnya dengan makanan prasmanan yang dapat diambil sendiri, biasanya berupa daging-dagingan dan juga sayur-sayuran. Masakan ini tentunya sangat cocok dinikmati bersama keluarga di rumah. Buat Anda yang masih takut keluar rumah. Korean BBQ Grill mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Chef Lucky Andreono menjelaskan, “Dengan menggunakan grill pan anti lengket dengan kualitas yang baik hal tersebut dapat mencegah lemak daging menempel di permukaan yang menyebabkan kegosongan sehingga menghasilkan daging grill yang enak. Selain itu, dengan lapisan anti lengket, kita tidak perlu menggunakan banyak minyak sehingga bisa menjadikan olahan makanan menjadi lebih sehat," tuturnya.

Dimsum Mentai
Kalau biasanya kita kenal nasi salmon mentai yang tengah jadi favorit banyak orang, juga ada varian mentai lainnya yang tidak kalah enaknya yaitu dimsum mentai. Dimsum ayam yang dibalut dengan topping saus mentai yang creamy di atasnya. Resep ini sangat cocok dinikmati sebagai camilan di sore hari.

Tips dari Chef Lucky Andreono untuk membuat dimsum yang empuk, Anda bisa menambahkan tepung maizena atau tepung tapioka. Selain itu untuk menciptakan dimsum yang enak dan juga sehat, dibutuhkan kukusan dengan kualitas terbaik untuk menghasilkan rasa masakan yang lezat. Sebab daging yang dimasak dengan kukusan berkualitas tinggi akan menghasilkan rasa manis, serta tekstur yang lembut dan juicy tanpa merusak kandungan nutrisi makanan. Anda juga tidak membutuhkan minyak saat memasak dengan steamer.

Croffle
Belakangan makanan ini sering muncul di linimasa media sosial. Croffle adalah camilan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Camilan ini terbuat dari adonan croissant berlapis mentega yang dimasak hingga renyah dalam waffle iron. Namun sekarang sudah ada pan khusus untuk membuat waffle.

Baca juga: Resep kue sagon dan cireng, camilan untuk nantikan akhir pekan

Baca juga: GoFood prediksi "dessert box" populer tahun ini

Baca juga: Membuat dumpling ala "Crazy Rich Asian"
Pewarta : Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2021