Warsawa (ANTARA) - Polandia mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melawan setiap ancaman yang dapat terjadi selama latihan militer di Belarus yang diselenggarakan oleh tentara Rusia yang akan dimulai pada 10 September, kata kementerian pertahanan, Kamis.

Polandia diperkirakan akan mengumumkan keadaan darurat pada Kamis di wilayah yang berbatasan dengan Belarus setelah peningkatan tajam migran dari negara-negara seperti Irak dan Afghanistan yang mencoba melintasi perbatasan, dan latihan "Barat-2021" telah menambah ketegangan.


Baca juga: Rusia akan kirim perangkat keras militer jumlah besar ke Belarus

"Kami menggunakan segala cara yang mungkin untuk memantau latihan ini," kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan melalui surel.

"Pada saat yang sama, kami mengambil semua tindakan (politik dan militer) yang diperlukan untuk menetralisir kemungkinan ancaman atau provokasi," katanya, seraya menambahkan bahwa pihaknya tidak akan memberikan rincian pasti tentang tindakan tersebut.

Latihan "Barat-2021" akan melibatkan ribuan prajurit, termasuk dari anggota blok pertahanan yang dipimpin Moskow, Kazakhstan, serta tank, artileri, dan pesawat.

Sumber: Reuters

Baca juga: Pemred Rusia kutuk "penghancuran media" sebelum pemilu

Baca juga: Taliban dan petempur Afghanistan klaim banyak korban dalam pertempuran

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021