Pemkot Tangsel apresiasi bantuan konsentrator oksigen GoTo

Pemkot Tangsel apresiasi bantuan konsentrator oksigen GoTo

Penyerahan bantuan konsentrator oksigen dari GoTo kepada Pemkab Tangerang, Banten. Bantuan serupa juga diberikan GoTo untuk Pemkot Tangerang Selatan, Banten, dan Depok, Jawa Barat. (ANTARA/GoTo)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Banten mengapresiasi bantuan konsentrator oksigen dari pihak swasta yang tentunya sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan dalam menangani pasien COVID-19.

"Bantuan ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi rumah sakit dan faskes di Kota Tangerang Selatan yang saat ini merawat pasien terkonfirmasi positif COVID-19," kata Kepala Dinas Kota Tangerang Selatan, Allin Hendalin Mahdaniar, dalam pernyataan pers, dikutip Kamis.

Menurut Allin, bantuan tersebut menunjukkan pentingnya kolaborasi dan gotong-royong dengan berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan. "Untuk itu saya sangat mengapresiasi dukungan GoTo turut memperkuat upaya penanganan COVID-19 di Kota Tangerang Selatan."

GoTo, grup teknologi terbesar di Indonesia yang menaungi Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial, kembali mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan mendonasikan lebih dari 1.000 konsentrator oksigen.

Melalui kolaborasi dan gotong royong, konsentrator oksigen akan disalurkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit maupun fasilitas kesehatan (faskes) untuk memenuhi kebutuhan pasokan oksigen. Konsentrator oksigen merupakan perangkat untuk menghilangkan kandungan nitrogen yang ada di udara sehingga menghasilkan oksigen murni hingga 96 persen yang dapat digunakan bagi penderita COVID-19.

GoTo, melalui organisasi nirlaba Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB), sejak 30 hingga 31 Agustus 2021 menyerahkan konsentrator oksigen kepada Pemerintah Kota Depok dan Bogor masing-masing 25 Unit, Pemerintah Kota dan Kabupaten Tangerang masing-masing 10 unit, serta Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebanyak 20 unit.

Kemudian, penyerahan 25 unit kepada Pemerintah Kota Bekasi dalam waktu dekat. Selanjutnya, Pemkab dan Pemkot melalui Dinas Kesehatan setempat akan mendistribusikan ke faskes yang membutuhkan.

Pada tahap sebelumnya, GoTo telah menyerahkan 200 unit konsentrator oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang dilanjutkan dengan penyerahan lebih dari 385 unit kepada Pemkab, Pemkot dan Pemprov di Jawa Barat, Pemkot dan Pemkab di DI Yogyakarta, Pemkab dan Pemkot di Jawa Timur, serta Pemprov Bali.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat menerima secara simbolis konsentrator oksigen untuk Pemkab, Pemkot dan Pemprov Jabar pada 20 Agustus lalu mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan konsentrator oksigen yang diberikan oleh pihak GoTo dalam penanganan pandemi COVID-19.

"Urusan nyawa khususnya dalam penanganan COVID tidak bisa main-main karena dalam hitungan jam hasilnya bisa berbeda. Karena itu, berkaca dari pengalaman kemarin ketika menangani kebutuhan oksigen di Jawa Barat, kali ini kita lebih siap dan saya berterima kasih kepada para orang baik," katanya.

Chief Public Policy and Government Relations, GoTo, Shinto Nugroho, mengatakan bahwa penanganan COVID-19 membutuhkan semangat gotong royong yang telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. "Kami berharap dukungan kami dapat meringankan upaya pemerintah dalam menanggulangi COVID-19."

Presiden Joko Widodo pada tanggal 24 Juli meninjau Rumah Oksigen Gotong Royong dan menyampaikan apresiasi atas kolaborasi dan gotong royong pelaku usaha dalam menghadirkan fasilitas ini guna mendukung penanganan COVID-19.

Baca juga: GoTo donasikan 1.000 unit konsentrator oksigen

Baca juga: Investor diimbau tetap berhati-hati membeli saham unicorn

Baca juga: Bali terima bantuan 70 konsentrator oksigen dari GoTo
Pewarta : Suryanto
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2021