Menpan RB pastikan seleksi CASN 2021 patuhi protokol kesehatan

Menpan RB pastikan seleksi CASN 2021 patuhi protokol kesehatan

Menpan RB Tjahjo Kumolo. ANTARA/HO-Kemenpan RB

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo memastikan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 terselenggara dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

"Di tengah pandemi COVID-19, kami memastikan bahwa pelaksanaan seleksi dengan protokol kesehatan secara ketat dan telah mengikuti rekomendasi dari Ketua Satgas COVID-19," kata Tjahjo saat membuka Seleksi CASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Non-Guru Tahun 2021 secara virtual di Jakarta, Kamis.

Rekomendasi Satgas COVID-19 dalam pelaksanaan seleksi CASN ialah peserta harus melakukan swab test PCR kurun waktu maksimal 2 x 24 jam atau rapid test antigen maksimal 1 x 24 jam dengan hasil negatif atau nonreaktif sebelum mengikuti tes.

Selain itu, peserta juga harus mengenakan masker ganda, menjaga jarak fisik minimal 1 meter, mencuci tangan dengan sabun, menerapkan keterisian ruangan maksimal 30 persen dari total kapasitas, serta mendapatkan vaksin COVID-19 dosis pertama, khusus di wilayah Jawa, Madura, dan Bali.

Pelaksanaan computer-assisted test (CAT) dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) bagi CPNS dan seleksi kompetensi bagi PPPK berlangsung di 524 titik lokasi.

"Secara keseluruhan terdapat 524 titik lokasi penyelenggaraan CAT yang tersebar di 35 titik lokasi BKN Pusat, 13 titik lokasi mandiri BKN, 402 titik lokasi mandiri instansi pusat dan daerah, hingga 74 titik lokasi luar negeri," kata Tjahjo menjelaskan.

Penyelenggaraan SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK berlangsung mulai Kamis dan akan berakhir pada bulan Oktober. Selanjutnya, dilakukan seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi CPNS mulai 13 November hingga 4 Desember.

Ia menyebutkan jumlah pendaftar CASN Tahun 2021 yang lulus administrasi sebanyak 2.418.518 peserta untuk formasi CPNS, 44.162 peserta untuk formasi PPPK nonguru dan 925.632 peserta untuk formasi PPPK guru.

Baca juga: Menpan RB terbitkan SE Penyesuaian Sistem Kerja ASN di PPKM

Baca juga: Menpan RB: Pelatih-peraih medali Olimpiade dapat formasi khusus ASN

Pewarta : Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2021