kegiatan kami salah satunya unit perpustakaan keliling
Tanjung (ANTARA) - Adaro Energy berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional melaksanakan kegiatan Safari Literasi Bersama Duta Baca Indonesia Gol A Gong untuk membangun dan meningkatkan minat baca warga di sekitar tambang.

Kepala Departemen CSR Adaro Energy, Zuraida Murdia Hamdie pada kegiatan safari literasi yang dilaksanakan secara virtual Selasa mengatakan, sejak 2006 Adaro mulai menyemai benih literasi melalui program Adaro Cinta Baca, yang dilakukan di tiga kabupaten sekitar wilayah operasional perusahaan.

Beberapa kegiatan untuk menumbuhkan minat baca tersebut, seperti kegiatan pinjam buku, minggu ceria, kelas sore, hingga perpustakaan keliling.

"Inisiatif kegiatan kami salah satunya unit perpustakaan keliling yang setiap hari konsisten berkeliling ke sekolah-sekolah, yang membutuhkan akses terhadap literasi," ungkap Zuraida.

Menurut Zuraida, hingga kini sebanyak 36 ribu lebih siswa dan pengunjung perpustakaan sudah mendapatkan manfaat dari program tersebut.

Bahkan di masa pandemi, inovasi literasi online dilakukan Adaro untuk tetap menyalurkan minat baca di masa sulit.

Baca juga: Ada pendongeng di mobil perpustakaan keliling Banjarmasin
Baca juga: Polres HSU buka perpustakaan terapung bantu siswa belajar saat pandemi


Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan bedah buku bersama Gol A Gong, Duta Baca Indonesia saat ini yang dikenal dengan karyanya Balada Si Roy.

Diceritakan, dengan semangat dan motivasi yang luar biasa, Gol A Gong yang mempunyai nama asli Heri Hendrayana Harris, rela mengelana demi menaburkan benih-benih literasi bagi anak bangsa.

Berbagai daerah telah ia jejaki mulai dari barat hingga timur hanya untuk satu tujuan yakni mendorong minat membaca dan menulis.

Atas peran aktif dan pengaruhnya terhadap literasi di Indonesia tersebut, kemudian ia diangkat menjadi Duta Baca Indonesia.

Diskusi pun berlangsung interaktif, para peserta menggali tentang bagaimana cara menulis yang baik serta membuat orang tertarik akan literasi.

 
Kepala Departemen CSR Adaro Energy, Zuraida Murdia Hamdie.  ANTARA/HO-Adaro Energy

Pada kesempatan ini Gol A Gong juga berbagi pengalaman mengenai buku Gong Smash yang baru saja dirilis. Ia mengaku menyelesaikan buku tersebut hanya dalam 15 hari.

Menurut dia, apapun bisa dilakukan dengan ketekunan dan keseriusan dalam mencapai keinginan. "Asal mau pasti bisa dan dimulai dengan raga yang sehat," tutur Gol A Gong yang merupakan pendiri Rumah Dunia di Serang, Banten.

Gol A Gong berharap kegiatan ini dapat menggugah semangat para peserta terutama dalam meningkatkan kualitas literasi di setiap daerah.

Hal tersebut sejalan dengan harapan Adaro dalam upaya meningkatkan kualitas literasi di Indonesia.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pertama dari Safari Literasi Duta Baca Indonesia yang didukung Adaro, selanjutnya akan ada rangkaian berupa pelatihan menulis dan penerbitan di beberapa kota.

Baca juga: Kalsel bangun 600 perpustakaan desa
Baca juga: Dinas Perpustakaan tumbuhkan minat baca melalui perpustakaan keliling


Kegiatan berlangsung menarik dan interaktif dengan dihadiri hampir 100 peserta dan diantaranya hadir Dr Adin Bondar M.Si, Kepala Pusat Analisis Perpustakaan & Pengembangan Budaya Baca pada Perpustakaan Nasional.

Dalam sambutannya Dr Adin mengungkapkan pentingnya literasi bagi masyarakat Indonesia khususnya anak-anak. Ia juga memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan Duta Baca Indonesia serta Adaro terhadap kegiatan literasi.

"Kami selaku Perpustakaan Nasional mengapresiasi upaya rekan-rekan dalam meningkatkan kualitas literasi di Indonesia," ungkap Adin.

Baca juga: Perpustakaan Nasional sumbang mobil keliling untuk Manado
Baca juga: Saat pandemi, perpustakaan keliling dibuka TNI di perbatasan RI-PNG



 

Pewarta: Ulul Maskuriah/Herlina Lasmianti
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021