pekerjaan ini direncanakan akan rampung dalam dua pekan ke depan
Jakarta (ANTARA) - Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Selatan menguras saluran air di Jalan Gatot Subroto, Kecamatan Mampang Prapatan agar dapat menampung air dalam jumlah besar.

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Selatan, Mustajab saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, mengatakan, panjang saluran yang dikuras tersebut mencapai 500 meter lebih berlokasi dari depan Museum Satria Mandala sampai Apartemen Palm Court.

Baca juga: Luhut targetkan proyek sodetan Ciliwung rampung 2022

"Pengurasan dilakukan karena lumpurnya sudah cukup padat, hingga saat hujan daya tampung airnya berkurang," kata Mustajab.

Mustajab mengatakan pengurasan saluran tersebut sudah berlangsung sejak Mei lalu yang saat ini prosesnya telah mencapai 90 persen.

Menurut dia, pengerjaan pengurasan dilakukan secara manual oleh sembilan personel Penyedia Jasa lainnya Orang Perorangan (PJLP) di Suku Dinas Sumber Daya Air Kecamatan Mampang Prapatan.

Baca juga: Sudin SDA Jakut bersihkan saluran air di Jalan Petak Asem 1

"Petugas masuk ke dalam gorong-gorong saluran melalui lubang bak kontrol. Selanjutnya menguras lumpur sedalam 60 sentimeter," kata Mustajab.

Lebih lanjut, dia mengatakan dengan adanya pengurasan saluran itu akan dapat menampung lebih banyak air hingga dapat meminimalisir terjadinya genangan di sekitar lokasi tersebut.

Baca juga: Pemkot Jaktim keruk waduk dan saluran air untuk cegah banjir

Ia menambahkan bahwa pekerjaan ini direncanakan akan rampung dalam dua pekan ke depan dengan menyesuaikan pada kondisi di lapangan.

"Saat ini progres pengerjaan sudah mencapai 90 persen. Bila berjalan lancar, diperkirakan kelar dua pekan ke depan. Namun progres itu saat dibersihkan tapi kalau sudah ada banjir lagi progres  pasti berubah," ungkapnya.

Pewarta: Sihol Mulatua Hasugian
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021