KAI perbaiki perlintasan kereta di Mengkreng-Kabupaten Kediri

KAI perbaiki perlintasan kereta di Mengkreng-Kabupaten Kediri

Proses perbaikan jalur kereta api di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) Mengkreng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. PT KAI Daop 7 Madiun melakukan perbaikan dengan dilakukan penggantian rel dan pembongkaran aspal. ANTARA Jatim/ HO-Daop 7 Madiun.

Kediri (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 7 Madiun, Jawa Timur, melakukan perbaikan jalur kereta api di Jalan Perlintasan Langsung (JPL) Mengkreng, Kabupaten Kediri, dengan dilakukan penggantian rel dan pembongkaran aspal.

"Kegiatan peningkatan keandalan jalur di JPL Nomor 303A akan dilakukan selama lima hari dimulai pada tanggal 29 Agustus hingga 2 September 2021. Pekerjaan perawatan itu sendiri dilakukan mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB setiap harinya," kata Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwinto dalam rilisnya di Kediri, Selasa.

Ia mengungkapkan titik yang dilakukan perbaikan itu adalah Jalan Perlintasan Langsung (JPL) Nomor 303A JL Raya Provinsi Surabaya - Solo dan Surabaya - Kediri (Mengkreng) Kelurahan Mekikis, Kecamatan Purwoasri, Kabupaten Kediri.

Pekerjaan perbaikan perlintasan tersebut meliputi pergantian rel serta pembongkaran aspal yang berada di kanan kiri rel kemudian dilakukan perbaikan geometri jalur agar sama dengan geometri rel kanan kiri perlintasan. Setelah jalur dinyatakan stabil, kemudian akan dilakukan pengaspalan kembali.

Selama pengerjaan, lanjut Ixfan tidak akan dilakukan penutupan jalan sehingga lalu lintas di sekitar perawatan akan tetap berjalan.

"Pada saat perawatan ini tidak ada penutupan jalan. Nantinya hanya akan dilakukan pengaturan lalu lintas oleh petugas kepolisian sehingga kemungkinan akan terjadi sedikit kepadatan arus selama proses perawatan tersebut," kata Ixfan.

Ixfan mengimbau kepada masyarakat dan pengguna jalan yang melintas di lokasi tersebut untuk lebih berhati – hati, karena selain terdapat tumpukan material, juga terdapat lalu lalang para pekerja proyek.

"Kami atas nama manajemen KAI Daop 7 Madiun memohon maaf atas ketidaknyamanan para pengguna jalan dikarenakan adanya pekerjaan tersebut," tutup Ixfan.

Sementara itu, terkait dengan operasional kereta api lokal di wilayah Daop 7 Madiun, pihaknya mengatakan saat ini masih belum beroperasi. Hal itu juga mengikuti aturan dari pemerintah.

"Belum (operasional). Kereta api lokal dibatalkan perjalanannya dan kelanjutannya masih menunggu surat edaran dari Kemenhub karena ada perpanjangan PPKM," katanya.
Baca juga: KAI - Bluebird hadirkan layanan pemesanan taksi melalui KAI Access
Baca juga: KAI operasikan delapan perjalanan KA Bandara YIA saat uji coba

 
Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021