Kalau semuanya berjalan lancar, maka kegiatan akan direalisasi minggu kedua September
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang (PHE JM) dalam waktu dekat akan merealisasikan survei seismik dua dimensi dengan menggunakan metode vibroseis sepanjang 1.000 kilometer area subvulkanik di Pulau Jawa.

SKK Migas dan PHE JM telah melakukan kegiatan inspeksi untuk memeriksa keandalan peralatan yang akan digunakan untuk mencari sumber minyak dan gas bumi.

"PHE JM masih menunggu kedatangan beberapa peralatan vibroseis lainnya dari Singapura yang dijadwalkan akan datang pada minggu pertama September 2021. Kalau semuanya berjalan lancar, maka kegiatan akan direalisasi minggu kedua September," kata Kepala Divisi Pengeboran dan Perawatan Sumur Surya Widyantoro dalam keteranganya di Jakarta, Senin.

Survei dua dimensi seismik vibroseis merupakan survei yang bertujuan meningkatkan image permukaan di bawah lapisan batuan vulkanik yang nantinya akan membantu menentukan konsep potensi eksplorasi migas.

Kegiatan terlebih dahulu akan dimulai dari area Jawa Barat karena sudah mendapatkan persetujuan lingkungan. Selanjutnya, kegiatan survei akan dilanjutkan ke area Jawa Tengah dan Jawa Timur yang keseluruhannya akan dilakukan tahun ini.

Realisasi kegiatan survei akan menggunakan truk vibroseis yang mampu melintasi berbagai medan morfologi permukaan.

Efek destruktif yang ditimbulkan oleh kegiatan itu relatif lebih rendah dibandingkan pemanfaatan bahan peledak, sehingga metode vibroseis menjadi opsi dalam kegiatan akuisisi data seismik yang digunakan kebanyakan perusahaan migas saat ini.

Selain survei vibroseis, PHE JM juga melakukan survei full tensor gravity gradiometry (FTG) yang terdiri atas FTG Iwur-Akimeugah dan FTG Kepala Burung di Papua.

Progres dimulai pada Agustus 2021 dan saat ini perkembangannya telah mencapai 39 persen.

Cucu usaha PT Pertamina (Persero) ini juga melakukan survei dua dimensi sepanjang 31.908 kilometer persegi yang telah dilaksanakan tahun 2019 Agustus 2020.

Saat ini, PHE JM sedang melakukan peninjauan data sebelum diserahkan kepada pemerintah.

Baca juga: Lampaui target, PHE Jambi Merang tuntaskan survei seismik 2D
Baca juga: PHE Jambi Merang raih Proper Emas keempat kalinya
Baca juga: Pertamina resmi kelola 100 persen blok migas Jambi Merang

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021