Satgas TNI bagikan susu dan makanan gratis untuk anak di perbatasan

Satgas TNI bagikan susu dan makanan gratis untuk anak di perbatasan

Personel Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista membagikan susu, makanan dan masker untuk anak-anak di perbatasan RI-PNG kampung Workwona Arso Kabupaten Keerom, Papua. ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih.

Keerom (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista membagikan makanan, minuman, susu, dan masker gratis kepada anak-anak di Kampung Workwana, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, untuk meningkatkan kualitas gizi mereka di perbatasan RI-PNG.

Komandan Satuan Tugas (Dansatgas Pamtas) Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Letkol Inf Ade Pribadi Siregar dalam keterangan diterima ANTARA, Sabtu, mengatakan pembagian susu, makanan, dan masker merupakan bentuk dukungan TNI terhadap pemerintah untuk para pelajar sebagai calon generasi penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan berkualitas dengan memaksimalkan asupan gizi kepada anak-anak di pelosok kampung perbatasan RI-PNG.

“Pemberian makanan dan susu bergizi dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak seorang anak. Jadi jika seorang anak sering mengonsumsi makanan dan meminum susu yang bergizi secara teratur, maka dapat membantu perkembangan anak dengan lebih baik," ujarnya.

Baca juga: Satgas TNI bersama warga tanam pohon di perbatasan RI-PNG

Pembagian masker, katanya, untuk mengedukasi anak-anak agar taat protokol kesehatan dengan menggunakan masker demi menjaga kesehatan tubuh mereka.

Di tempat terpisah, Dokter Satgas Pamtas TNI Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista Lettu Ckm dr Kristia Yudha Bayu M mengatakan proses pertumbuhan anak sangat diperlukan asupan makanan dan minuman bergizi baik.

Ia mengatakan pemberian asupan gizi diharapkan dapat memperbaiki kualitas kehidupan anak.

"Kalau anak-anak berkualitas baik, maka akan berdampak pada pendidikan mereka, meningkatkan imun, dan kesehatan anak, salah satu kunci utama bagi keberhasilan belajar anak-anak usia sekolah pada jenjang berikutnya," ujarnya.

Baca juga: Satgas TNI bersama warga pasang bendera Merah Putih di perbatasan

Pemberian makanan dan minuman susu yang dilakukan Satgas Pamtas TNI gratis ini, lanjut dia, dilakukan pada saat jam persiapan berangkat sekolah.

"Tidak lupa kami mengedukasi para pelajar tentang manfaat makanan sehat dan susu bagi proses tumbuh kembang anak dan mengajak anak-anak untuk selalu mematuhi prokes dengan menggunakan masker," ujarnya.

Sementara itu, salah satu wali murid Aksamina Manua mengucapkan rasa senang, bangga, dan mengapresiasi kepedulian TNI terhadap kesehatan anak-anak usia sekolah di perbatasan RI-PNG.

Baca juga: Satgas TNI patroli patok wilayah di perbatasan RI-PNG

Aksamina berharap ke depan kegiatan makan bersama dan pemberian susu gratis ini dapat dijadikan program rutin di Pos Kout Satgas Pamtas Yonif Mekanis 403/Wirasada Pratista.

“Kami sebagai orang tua sangat senang kepada bapak-bapak TNI Pos Kout Yonif 403 sudah kasih makanan pagi, susu bergizi, dan masker kepada anak-anak sebelum berangkat sekolah. Warga mengucapkan terima kasih kepada bapak-bapak Satgas Yonif 403 Pos Kout,” ujar Aksamina.
Pewarta : Muhsidin
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021