Panglima TNI dan Kapolri tinjau vaksinasi merdeka di Jayapura

Panglima TNI dan Kapolri tinjau vaksinasi merdeka di Jayapura

Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo saat menyerahkan bantuan berupa generator oksigen ke Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, Jumat (27/8) saat meninjau vaksinasi merdeka di SD Lentera, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura. (ANTARA/HO/Humas Polda Papua)

Jayapura (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan vaksinasi merdeka yang dipusatkan di SD Lentera Kampung Harapan, Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat.
 
Kegiatan yang dihadiri Menpora RI Zainudin Amali, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dan sejumlah pejabat di lingkungan TNI-Polri.
 
Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo mengatakan, gebyar vaksinasi merdeka dilaksanakan sesuai dengan instruksi Presiden bahwa untuk empat kabupaten dan kota di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Mimika yang menjadi tuan rumah PON XX Papua tahun 2021.

Baca juga: Satgas COVID Papua dorong proses vaksinasi dipercepat jelang PON XX

Kemudian, satu kabupaten penyangga, Kabupaten Keerom ditargetkan vaksinasi mencapai seratus persen kepada masyarakat untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua yang akan dilaksanakan tanggal 2-15 Oktober 2021.
 
Selain meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kapolri menyerahkan bantuan satu unit oksigen generator untuk penanganan dan pengendalian COVID-19 di Papua.
 
Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan oksigen bagi masyarakat di bumi Cenderawasih, kata Jenderal Pol Sigit.

Baca juga: Pimpin rapat kesiapan PON, Kapolri ingatkan pengendalian COVID-19

Ia menambahkan, penyerahan bantuan sebagai bentuk kepedulian TNI-Polri kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.
 
Alat oksigen generator memiliki kemampuan pengisian sebanyak 12 tabung oksigen ukuran 6 m3 atau 72 tabung oksigen untuk ukuran 1 m3 per hari, kata Kapolri Jenderal Pol Sigit Prabowo.

Baca juga: Panglima TNI ingatkan masyarakat Papua harus patuhi prokes dukung PON
 
Pada kesempatan itu Panglima TNI dan Kapolri menyerahkan bantuan sosial (bansos) dari Presiden Joko Widodo yang diperuntukkan bagi masyarakat yang perekonomiannya paling terdampak akibat pandemi COVID-19.
 
Sebelumya Panglima TNI dan Kapolri meninjau tempat isolasi terpusat (isoter) COVID-19 yang berada di KM Tidar yang merapat di pelabuhan Jayapura.
Pewarta : Evarukdijati
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2021