Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengajak warga Papua yang terkonfirmasi positif COVID-19 dengan gejala tertentu melaksanakan isolasi mandiri di fasilitas isolasi terpusat (isoter) yang telah disiapkan oleh pemerintah setempat.

Anjuran ini disampaikan Kapolri saat meninjau fasilitas Isoter terapung di KM Tidar, Papua, bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Jumat.

"Saya dengan Pak Panglima dan tim tentunya sangat terima kasih dan sangat senang tadi dari saudara-saudara sampaikan bahwa di isoter dapatkan pelayanan yang baik dari fasilitas maupun pengawasan secara intensif dari tenaga kesehatan," kata Sigit dikutip dari keterangan pers Divisi Humas Polri.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Kapolri dan Panglima berinteraksi secara virtual dengan dengan pasien dan tenaga kesehatan yang menjalani isolasi di isoter terapung KM Tidar.

Menurut Sigit, isoter terapung KM Tidar memiliki fasilitas penunjang kesehatan yang lengkap, serta diawasi secara intensif oleh tenaga kesehatan profesional, sehingga dapat mempercepat penyembuhan masyarakat yang terpapar COVID-19 dengan gejala tertentu.

Baca juga: Pangdam XVII bersama Wali kota tinjau tempat isoter COVID-19 KM Tidar

Hadirnya isoter terapung KM Tidar, Sigit berharap kepada warga untuk mau mengajak atau mensosialisasikan kepada keluarga dan kerabatnya agar mau melakukan isolasi di tempat isoter.

"Jadi tentunya harapan kami kegiatan di isoter, fasilitas di isoter disampaikan ke saudara-saudara lainnya yang saat ini mungkin masih memilih untuk laksanakan isolasi mandiri di rumah," kata Sigit.

Menurut mantan Kapolda Banten itu, fasilitas yang lengkap dan pengawasan penuh secara langsung dari tenaga kesehatan di isoter, maka kesembuhan pasien dari paparan virus SARS-CoV-2 akan semakin tinggi.

Selain itu, lanjut Sigit, dengan perawatan di isoter dapat mencegah penularan terhadap orang lainnya.

"Tolong disampaikan ke saudara-saudara bahwa isoter yang ada kapal terapung ini fasilitasnya lengkap dan kita semua dapatkan jaminan bahwa dengan dokter yang ada, obat yang ada, maka kesembuhan akan menjadi harapan untuk lebih baik. Daripada dirawat di rumah masing-masing. Tolong disampaikan kepada saudara-saudara yang memilih isoman daripada isoter," ujar Sigit mengajak.

Dalam kesempatan itu juga, jenderal bintang empat itu juga memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang terus berjuang tanpa kenal lelah untuk merawat masyarakat yang terpapar COVID-19.

"Terima kasih kepada tenaga kesehatan, karena sudah merawat saudara-saudara kita. Tolong terus setiap hari di cek secara intensif, sehingga saudara kita segera sehat dan sembuh," tutur Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2021