Untuk membuat perubahan perlu ada alasan sepak bola
Jakarta (ANTARA) - Pelatih timnas Belgia, Roberto Martinez menolak melakukan peremajaan skuadnya dan tetap mengandalkan alumni Euro 2020 saat memanggil 31 pemain untuk tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia bulan depan.

Martinez mengatakan bahwa dia tidak pernah mempertimbangkan perubahan besar-besaran setelah (Piala Eropa) Euro 2020, di mana Belgia tersingkir oleh juara Italia di delapan besar, meski hampir setengah dari skuadnya berusia 30 tahun atau lebih.

“Kami memiliki banyak penampilan bagus di Euro. Kami meraih empat kemenangan di turnamen dan sangat konsisten," katanya dalam konferensi pers, seperti dikutip Reuters pada Kamis.

"Untuk membuat perubahan perlu ada alasan sepak bola. Anda akan membuat keputusan buruk jika hanya melihat usia pemain. Transisi antar generasi harus terjadi secara alami."

Namun, dia menambahkan bahwa ada banyak kesempatan bagi pemain muda yang dipilih dalam skuadnya karena tidak mungkin untuk menurunkan tim yang sama dalam tiga kualifikasi.

Baca juga: Si terampil Belgia pamerkan kualitas mumpuninya

Belgia dijadwalkan menghadapi Estonia di Tallinn pada 3 September, Republik Ceko di Brussels tiga hari kemudian dan kemudian mengunjungi Belarus di Kazan, Rusia pada 9 September di Grup E.

Martinez hanya kehilangan enam pemain dari skuad Euro 2020-nya, dengan Nacer Chadli, Kevin De Bruyne, Jeremy Doku dan Dries Mertens mengalami cedera.

Thomas Vermaelen tidak dapat bermain karena sedang menjalani karantina di Jepang, sedangkan penjaga gawang cadangan Simon Mignolet telah diberikan waktu istirahat.

Belgia, yang masih berada di puncak peringkat FIFA, memiliki tujuh poin dari tiga pertandingan kualifikasi pertama mereka pada Maret di depan Ceko dengan empat poin.
 
Pemain tim nasional Belgia Thorgan Hazard (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Portugal dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Minggu (27/6/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Jose Manuel Vidal)

Baca juga: Romelu Lukaku dedikasikan gol-golnya untuk Christian Eriksen

Daftar lengkap skuad Belgia:

Penjaga Gawang: Koen Casteels (VfL Wolfsburg), Thibaut Courtois (Real Madrid), Thomas Kaminski (Blackburn Rovers), Matz Sels (Racing Strasbourg)

Bek: Toby Alderweireld (Al Duhail), Dedryck Boyata (Hertha Berlin), Timothy Castagne (Leicester City), Hannes Delcroix (Anderlecht), Jason Denayer (Olympique Lyonnais), Brandon Mechele (Club Brugge), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Zinho Vanheusden (Genoa), Jan Vertonghen (Benfica)

Gelandang: Charles De Ketelaere (Club Brugge), Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers), Thomas Foket (Stade Reims), Eden Hazard (Real Madrid), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund), Dennis Praet (Leicester City), Alexis Saelemaekers (AC Milan ), Albert Sambi Lokonga (Arsenal), Youri Tielemans (Leicester City), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Borussia Dortmund)

Penyerang: Michy Batshuayi (Besiktas), Christian Benteke (Crystal Palace), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Romelu Lukaku (Chelsea), Dodi Lukebakio (Hertha Berlin), Leandro Trossard (Brighton & Hove Albion), Yari Verschaeren (Anderlecht)

Baca juga: Belgia kalah karena terlambat panas, kata Roberto Martinez
Baca juga: Italia dan Inggris dominasi 11 terbaik Euro 2020

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021