Trisakti Tourism Award 2021 merupakan ajang bergengsi perlombaan pariwisata yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan dan diikuti sebanyak 242 daerah.
Semarang (ANTARA) -
DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menganugerahkan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pada ajang Trisakti Tourism Award 2021 di Jakarta, Kamis, karena dinilai sebagai kepala daerah yang bekerja keras dan luar biasa di bidang pariwisata.

Trisakti Tourism Award 2021 merupakan ajang bergengsi perlombaan pariwisata yang digelar oleh DPP PDI Perjuangan dan diikuti sebanyak 242 daerah.

Penghargaan diserahkan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto kepada Gubernur Ganjar yang pada acara itu  mengenakan baju adat Jawa.

Baca juga: Geliat pariwisata Indonesia diharap terjadi tahun 2022

Ganjar menerima penghargaan sebagai kepala daerah yang memiliki "effort" luar biasa di bidang pariwisata, sedangkan dua daerah wisata di Jateng yang mengantarkan Ganjar sebagai pemenang yakni Karimunjawa dan Taman Nasional Merapi-Merbabu.

Ganjar mengatakan bahwa penghargaan ini dipersembahkan untuk insan pariwisata di Jateng dan diharapkan penghargaan ini dapat memicu semangat para pelaku pariwisata Jateng, khususnya di desa-desa untuk terus berkreasi dan berinovasi.

"Penghargaan ini untuk insan pariwisata di Jateng. Semoga menjadi penyemangat untuk kita semua," katanya.

Ganjar mengakui  pengembangan desa wisata di Jateng memang sedang digenjot, banyak desa wisata di Jateng yang telah tumbuh dan menjadi percontohan nasional.

"Kami bahkan sudah buatkan Perda Khusus Desa Wisata. Selain itu, setiap ada desa wisata unggulan, kami memberikan uang pembinaan masing-masing Rp1 miliar," ujarnya.

Baca juga: Tingkat vaksinasi disebut akan dorong pembukaan kembali pariwisata

Sejumlah kategori penghargaan juga disabet sejumlah desa wisata Jawa Tengah, sedangkan juara pertama pada kategori desa wisata kreatif diraih Desa Wisata Wanurejo, Kabupaten Magelang, serta juara pertama kategori desa wisata pilihan warganet diraih oleh Desa Wisata Sumber Jatipohon, Kabupaten Grobogan.

Penghargaan untuk kategori desa wisata budaya, dua desa wisata Jateng mendapat juara, Kampung Wisata Budaya Baluwarti Solo menyabet juara 3 dan Desa Wisata Kaligentong Boyolali sebagai juara harapan ketiga.

Sementara untuk kategori desa wisata alam, Desa Wisata Kandri Kota Semarang menyabet juara harapan tiga, juara pertama kategori desa wisata kuliner diraih Desa Wisata Kampung Jawi Semarang.

Selain itu, ada pula Desa Wisata Gerduren Kabupaten Banyumas sebagai juara harapan ketiga dalam kategori yang sama.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021