Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengungkapkan realisasi keuangan pagu anggaran tahun ini per 24 Agustus mencapai Rp67,66 triliun.

"Realisasi keuangan pagu anggaran tahun 2021 per 24 Agustus adalah sebesar Rp67,66 triliun atau sebesar 49,10 dari total anggaran Rp137,8 triliun," ujar Menteri Basuki dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Jakarta, Kamis.

Menteri PUPR juga menambahkan, untuk realisasi fisiknya terkait anggaran tahun 2021 telah mencapai 51,38 persen.

Menteri Basuki dalam paparannya juga menyampaikan upaya percepatan realisasi anggaran 2021, antara lain mempercepat penyelesaian administrasi dan revisi anggaran, kemudian realokasi anggaran antar paket untuk mempercepat pembayaran paket multiyear contract atau MYC dengan progres tinggi.

Lalu mempercepat pelaksanaan pekerjaan sesuai target dan batas waktu penyelesaian (meningkatkan monitoring/ pengawasan menyelesaikan masalah tanah, dll).

Mempercepat penyelesaian kegiatan padat karya sesuai dengan target dan sasaran, serta mempercepat pelaksanaan dukungan penanganan covid-19 dan penanganan bencana.

Sebelumnya Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menekankan pentingnya efisiensi anggaran kepada para pejabat tinggi madya dan pratama baru Kementerian PUPR.

Menteri Basuki mengatakan bahwa tahun 2021 seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Keuangan, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, masih dipenuhi dengan ketidakpastian ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Sesuai arahan Presiden Jokowi pada kwartal III dan IV Kementerian PUPR harus tetap menjaga pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, balai, bagian program dan pelelangan memiliki peran kunci yang penting dalam percepatan pelaksanaan program-program pembangunan infrastruktur.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan padat karya TA 2022 serap 665.000 tenaga kerja

Baca juga: Kementerian PUPR fokus program pengentasan kemiskinan dan stunting

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021