Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan para peraih medali Paralimpiade Tokyo bakal menerima bonus yang sama dengan peraih medali Olimpiade Tokyo.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Sesmenpora Gatot S Dewa Broto kepada Antara di Jakarta, Rabu.

“Iya, sama,” kata Gatot melalui pesan singkat.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo menerima bonus sebesar Rp5,5 miliar, perak Rp2,5 miliar, dan perunggu Rp1,5 miliar. Nominal ini lebih besar Rp500 juta dibanding penghargaan yang diterima peraih medali Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Baca juga: Indonesia salah satu negara pemberi bonus terbanyak ke peraih medali

Apabila berkaca pada pengalaman Olimpiade Tokyo, penghargaan tak hanya diberikan kepada peraih medali. Untuk pertama kalinya, pemerintah juga memberikan apresiasi kepada para Olympian Tokyo. Masing-masing atlet mendapat Rp100 juta.

Pemerintah juga turut memberikan bonus kepada para pelatih. Sosok pelatih yang mengantarkan atletnya meraih medali emas berhak atas Rp2,5 miliar, perak Rp1 miliar, dan perunggu Rp600 juta. Sementara yang telah mendampingi atlet di Olimpiade menerima Rp 100 juta.

Namun Gatot belum dapat memastikan apakah apresiasi serupa akan diberikan kepada para atlet yang tampil di Paralimpiade Tokyo.

Baca juga: Presiden Jokowi berikan bonus bagi para atlet Olimpiade Tokyo 2020

Paralimpiade Tokyo 2020 akan berlangsung 13 hari hingga 5 September.

Indonesia mengirimkan 23 atlet dalam pesta olahraga penyandang disabilitas terbesar di dunia itu. Mereka akan bersaing pada tujuh cabang olahraga, yaitu badminton, atletik, renang, tenis meja, menembak, powerlifting, dan balap sepeda.

Kontingen Merah Putih ditargetkan membawa pulang lima medali dari Paralimpiade Tokyo dengan rincian satu emas, satu perak, dan tiga perunggu serta finis di urutan Ke-60 dalam klasemen perolehan medali.

Para-badminton diharapkan dapat menjadi tumpuan utama dengan target masing-masing satu medali emas dan perak.

Sementara cabang para powerlifting, para tenis meja, dan para atletik disebut memiliki peluang untuk menyumbang perunggu.

Baca juga: KOI: Bonus dari pemerintah pacu atlet untuk berjuang lolos Olimpiade
Baca juga: Seluruh atlet Indonesia tiba di Tokyo, siap tampil di Paralimpiade
Baca juga: Menpora optimistis Indonesia raih hasil maksimal di Paralimpiade Tokyo


Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021