Jakarta (ANTARA) - Pebalap Inggris Jake Dixon akan berupaya menjalani debut di kelas premier ketika Grand Prix Inggris di Silverstone akhir pekan ini tanpa beban berseragam tim Petronas Yamaha SRT.

Pebalap Moto2 itu mendapat tugas menggantikan Franco Morbidelli yang masih memulihkan diri dari cedera saat Cal Crutchlow ditarik oleh Yamaha ke tim pabrikan Monster Energy Yamaha untuk mengisi bangku kosong yang ditinggalkan Maverick Vinales, yang memutuskan hengkang di tengah musim dari tim pabrikan Jepang itu.

Baca juga: Yamaha-Vinales resmi berpisah di tengah musim MotoGP 2021

"Akhir pekan ini akan sulit, menunggangi motor besar untuk pertama kalinya di GP kandang saya, tapi saya sangat menantikan itu," kata Dixon seperti dikutip laman resmi Petronas SRT, Selasa.

"Selalu menyenangkan membalap di rumah, tapi tahun ini akan menjadi ekstra spesial. Dukungan publik tuan rumah selalu luar biasa di sini, saya menyukai trek ini dan saya rasa ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

"Mendapati penonton di sana dan pengetahuan tentang sirkuit ini akan sangat membantu saya akhir pekan ini, meskipun saya tentunya tidak mencari hasil tertentu. Saya hanya akan keluar dan menikmatinya."

Baca juga: Crutchlow ditugasi sebagai pengganti Vinales mulai GP Inggris

Dixon menjalani debut Moto2 pada 2017 dan tahun ini ia menghuni peringkat ke-19 di klasemen dengan koleksi 21 poin, terpaut 185 poin dari pemuncak sementara Remy Gardner dari tim KTM.

Tim Petronas Sprinta Racing telah menunjuk pebalap Malaysia Adam Norrodin, yang saat ini membalap di Kejuaraan FIM CEV, untuk menggantikan Dixon di balapan Moto2 akhir pekan nanti.

Sementara Dixon akan menikmati tugas barunya sebagai tandem Valentino Rossi, yang bakal melakukan perpisahan dengan Silverstone di tahun terakhir karier membalapnya di saat MotoGP akan kembali ke Silverstone setelah GP Inggris batal digelar tahun lalu karena pandemi Covid-19.

Sang pebalap Italia juga cukup populer di Inggris setelah mengantongi enam kemenangan, lima di antaranya ketika GP Inggris masih digelar di Donington Park.

Baca juga: Jelang GP Inggris, para pebalap top minim pengalaman di Silverstone
Baca juga: Tom Luthi umumkan rencana pensiun dari karier membalap
Baca juga: MotoGP Malaysia batal digelar, diganti dengan balapan di Misano

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021