Wonogiri (ANTARA) - Polres Wonogiri masih menyelidiki kasus penemuan seorang bayi perempuan di dalam kardus oleh warga di Kampung Donoharjo RT005/02 Kelurahan Wuryorejo Kecamatan Wonogiri, Jawa Tengah, Selasa.

Menurut Kepala Seksi Humas Polres Wonogiri, AKP Suwondo, membenarkan penemuan bayi perempuan di dalam kardus yang diletakan di pinggir jalan depan rumah warga di Jalan Gurame Nomor 9 Donoharjo RT005/02 Wonogiri itu, sekitar pukul 06.30 WIB.

Baca juga: Warga Buntok Kalteng menemukan bayi laki-laki di semak-semak

Polisi hingga kini masih menyelidiki untuk mengungkap siapa orang tua bayi perempuan yang tega membuang atau menelantarkan anaknya di dalam kardus itu.

Kronologi penemuan bayi pertempuan itu berawal dari seorang saksi, Pranata Oditia Graha (29), warga setempat di depan rumahnya, yang diberi tahu ibunya ada kardus di pinggir jalan depan rumahnya, sekitar pukul 06.30 WIB.

Baca juga: Kriminal kemarin, warga temukan bayi di kali hingga operasi penyekatan

Graha memberanikan diri untuk membuka kardus itu pelan-pelan menggunakan kayu. Dengan disaksikan beberapa warga lain, mereka mendapati bahwa kardus itu ternyata berisi bayi perempuan dalam keadaan masih hidup.

Warga yang melihat dan menemukan seorang bayi perempuan itu langsung melaporkan hal itu kepada ketua RT setempat dan akhirnya diteruskan hingga polisi. Penemuan bayi ini, sempat menggegerkan warga yang melintas di lokasi itu.

Baca juga: Polisi buru pembuang bayi laki-laki di Kali Jelawe Jakarta Selatan

Warga menemukan bayi perempuan tersebut dalam kondisi mulutnya dalam keadaan tertutup plester, selanjutnya saksi melaporkan kejadian itu ke Polres Wonogiri untuk diselidiki dan langsung mengolah lokasi perkara.

Kondisi bayi masih dalam keadaan hidup dan sehat. Bayi saat ini telah ditangani oleh tenaga medis di Puskesmas Wonogiri 2. Petugas Sentral Pelayanan Kepolisi Terpadu Polres Wonogiri juga berkoordinasi dengan dinas sosial terkait dengan penemuan bayi itu.

Baca juga: Warga Solok temukan bayi perempuan di pencucian pakaian umum
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2021