Surabaya (ANTARA) - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menyiapkan demo layanan 5G kepada masyarakat di empat kota, masing-masing Surabaya, Jakarta, Bandung, Yogyakarta setelah lolosnya Uji Laik Operasi (ULO) perusahaan tersebut.

"Di demo itu pelanggan bisa mencoba sejumlah kecanggihan layanan 5G XL Axiata. Dan showcase berlangsung di XL Center masing-masing kota," kata Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto di Surabaya, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari implementasi komitmen XL Axiata yang memasuki usia 25 tahun dalam upaya membangun Indonesia digital.

"Showcase ini bagian dari sarana kami menyosialisasikan layanan 5G kepada masyarakat luas, terutama para pelanggan XL Axiata, sekaligus sebagai salah satu tahapan persiapan kami menggelar layanan 5G secara komersial dan massif nantinya," tutur Dodik, dalam siaran persnya.

Ia mengatakan, dari empat kota ini selanjutnya akan terus diperluas ke kota-kota lain secara bertahap.

Sementara itu, di setiap lokasi showcase atau demo, para pelanggan yang sudah memiliki gawai yang mendukung 5G XL bisa mencoba langsung layanan 5G XL dari handset pelanggan, dan bisa mencoba demo cloud gaming and 4K video streaming.

Sedangkan bagi pelanggan lainnya yang belum memiliki perangkat 5G pendukung bisa merasakan 5G XL melalui beragam demo layanan 5G yang ditampilkan, serta edukasi terkait 5G dari customer care representative XL.

Untuk Surabaya, kata Dodik, demo dilaksanakan di XL Center Surabaya, Jl. Pemuda No.94/98, Embong Kaliasin, Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271.

Sedangkan di Jakarta, pelanggan bisa mencoba virtual reality headset, 4K video streaming dan cloud gaming di XL Center XL Axiata Tower.

"Untuk Bandung di XL Center Martadinata, dan di Yogyakarta dan sekitarnya bisa mencoba demo cloud gaming dan 4K video streaming di XL Center Yogyakarta yang berlokasi di Jl. Laksda Adisucipto No.163, Demangan Baru, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) menyatakan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) lolos Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Kelolosan ULO 5G tersebut tertuang dalam Surat Keterangan Laik Operasional (SKLO) yang diterima manajemen XL Axiata pada Kamis (12/8).

XL Axiata akan mempercepat penyiapan ekosistem yang diperlukan, termasuk penyediaan infrastruktur yang memadai antara lain melalui fiberisasi jaringan di semua wilayah operasi, berkolaborasi dengan penyedia perangkat dalam penyediaan perangkat gawai 5G agar mudah didapatkan pelanggan dan masyarakat, penyediaan dari sisi sumber daya manusia, hingga edukasi untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat mengenai manfaat teknologi 5G guna mendukung kehidupan sehari-hari.

 

 

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2021