Jakarta (ANTARA) - Brighton & Hove Albion bukukan rekor sapu bersih kemenangan di dua pertandingan awal musim di Liga Premier Inggris saat menundukkan Watford 2-0 di Stadion Amex, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Ini merupakan kali pertama Brighton mengawali musim dengan dua kemenangan beruntun semenjak mereka melakoni debut di Liga Premier pada 2017/18.

Shane Duffy dan Neal Maupay bertanggung jawab dalam torehan rekor tersebut lewat gol-gol mereka yang sama sekali gagal dibalas oleh Watford.

Berkat kemenangan tersebut, Brighton sementara naik ke posisi kedua klasemen dengan raihan enam poin penuh dan hanya tertinggal selisih gol dari Liverpool di puncak. Sedangkan Watford (3) harus rela turun ke urutan ke-12, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Manajer Brighton desak para pemain untuk vaksin

Tim besutan Graham Potter, yang selalu terlibat dalam perjuangan menghindari degradasi selama berada di kasta tertinggi, tampil agresif sejak sepak mula dan nyaris membuka keunggulan saat laga baru berusia tiga menit sayang tembakan Yves Bissouma masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-10 agresivitas Brighton membuahkan hasil kala mereka memanfaatkan situasi sepak pojok yang dikirimkan Pascal Gross dan Duffy melompat tinggi untuk menanduk bola yang sempat membentur mistar sebelum bersarang ke dalam gawang membuka keunggulan mereka atas tim tamu.

Pertandingan berjalan dengan tempo yang relatif lambat dan empat menit jelang turun minum Brighton sukses menggandakan keunggulan mereka lewat penyelesaian sempurna Maupay yang berhadapan satu lawan satu dengan kiper Daniel Bachmann selepas menerima umpan akurat dari Bissouma.

Sayangnya sorak sorai para pendukung Brighton berubah jadi kekhawatiran ketika Maupay tampak kesakitan seusai berduel udara dengan Oghenekaro Etebo dan mendarat kurang sempurna semenit jelang turun minum.

Maupay ditarik keluar oleh Potter digantikan Aaron Connolly di awal babak kedua, dan ia seharusnya bisa menambah keunggulan Brighton pada menit ke-52 sayang tembakannya melayang tipis di samping gawang.

Baca juga: Brighton rekrut gelandang Jepang Kaoru Mitoma
Baca juga: Rekor kemenangan tandang Manchester City berakhir di Brighton


Tim tamu yang kesulitan menembus pertahanan Brighton mengubah pendekatan mereka dan Tom Cleverley melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, yang sayangnya masih bisa dibaca oleh kiper Robert Sanchez pada menit ke-63.

Empat menit berselang Emmanuel Dennis sukses memperdaya Sanchez, tetapi gol itu segera dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Tuan rumah berpeluang membunuh pertandingan pada menit ke-79 dalam situasi sepak pojok, tapi kali ini bola tandukan Duffy bisa disapu oleh Cleverley yang berjaga di garis gawang.

Bola yang masih hidup berusaha diselesaikan oleh Gross, tetapi Bachmann mampu mementahkannya dan sambaran susulan dari Alexis Mac Allistar dari jarak dekat sama sekali tak menemui sasaran.

Pun demikian, Brighton dengan tenang mengendalikan ritme permainan di sisa waktu yang ada demi menjaga keunggulan 2-0 mereka hingga peluit tanda laga usai terdengar.

Brighton selanjutnya akan menjamu Everton di Stadion Amex pada Sabtu (28/8) pekan depan sedangkan Watford bertandang ke markas Tottenham Hotspur sehari berselang.

Sebelum itu, pada Selasa (24/8) kedua tim akan melakoni pertandingan putaran kedua Piala Liga Inggris, di mana Watford menjamu Crystal Palace di Vicarage Road sedangkan Brighton bertandang ke markas tim kasta kedua Cardiff City.

Baca juga: Manchester City berondong gawang Norwich lima gol tanpa balas
Baca juga: Ings antar Villa bungkam Newcastle saat Leeds bangkit imbangi Everton
Baca juga: Diogo Jota, Sadio Mane bawa Liverpool tundukkan Burnley 2-0

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021